‘B Coffee’ Bangkalan, Cafe Sederhana, Cita Rasa Bintang Lima

Bangkalan, (Media Madura) – Kalau anda ke Bangkalan dan ingin nyeruput kopi nusantara. Berkunjunglah ke ‘B Coffee’. Saya suka sebut cafe ini dengan istilah cafe sederhana, cita rasa bintang lima.

B Coffe letaknya pas seberang jalan depan markas Polres Bangkalan. Bersampingan dengan kantor Madura TV.

Tempat ngopi dibagi dua: indor dan outdor. B Coffee juga sediakan fasilitas buat nobar sepakbola. Milanisti, Juventini  Madridista hingga interisti pernah nobar disana.

B Coffee, cafe pertama di Bangkalan yang menyediakan kopi nusantara. Kopinya masih dalam bentuk biji, baru diolah jadi bubuk bila ada pesanan. Biji kopi dipesan langsung ke petani kopi.

Karena menyediakan biji kopi, kalau memesan harus pilih dulu mau biji kopi apa. Ada Arabica, Robusta, Exelca dan Liberika. Setelah pilih biji, baru pilih model penyeduhannya mau V 16 (baca visikti) (tanpa ampas) atau tubruk (dengan ampas). Bahkan disini selain yang hangat, B Coffe juga menyediakan kopi dingin ala-ala es kopo Thailand.

Karena diolah ditempat, harus sabar menunggu apalagi kalau ramai. Soal harga masih aman dikantong. Berkisar antara 6 sampai 10 ribu pergelas, tergantung tingkat kerumitan pengolahannya.

Inilah kenapa saya sebut ‘cafe sederhana, citarasa bintang lima’. Penyajian ala cafe elit, tapi harganya masih nyaman dikantong. Antara 6hingga 10 percangkir. Kalau di mall, harganya paling murah 25 ribu secangkir.

B Coffe milik Titik Rahmawati. Usia 30 tahun. Lulusan S2 Komunikasi Unitomo.  Titik awalnya ingin jadi dosen, tapi jalan hidup tak ada yang tahu, Titik malah jatuh cinta pada dunia kopi.

Dia sekolah kopi di Kota Bandung. Dan hingga kini menyandang status satu-satunya barista cewek besertifikat di Pulau Madura.

Kini Titik sibuk di dunia perkopian. Ia sudah keliling pulau jawa, jadi pembicara atau juri di festival kopi. Di pernah diundang Bupati Banyuwangi, Azwar Anas waktu bikin festival kopi 10 ewu.

Kopi telah membawa Titik ke kesibukan baru. Tapi dia tetap ingin menjadi dosen, walau tidak dalam waktu dekat ini.

Penulis : Mukmin Faisal
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.