Pamekasan – Pembinaan Karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak, insan manusia sehingga menunjukkan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Pembentukan karakter merupakan bagian dari pendidikan nilai (values education) melalui sekolah merupakan usaha mulia yang mendesak untuk dilakukan.

Pendidikan karakter telah menjadi perhatian berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai the deliberate us of all dimensions of school life to foster optimal character development (usaha kita secara sengaja dari seluruh dimensi kehidupan sekolah/madrasah untuk membantu pembentukan karakter secara optimal).

Pembentukan karakter kedisiplinan bagi siswa-siswa dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan kegiatan melalui lingkup pendidikan dan lingkungan keluarga. Selain itu, pentingnya pendidikan dalam pembangunan karakter bangsa tidak hanya diserahkan pada pihak sekolah ataupun keluarga namun peran pemerintah setempat dan stakeholder yang ada didalamnya sangat dibutuhkan. 

Pembinaan karakter sangat penting bagi para siswa-siswi ataupun generasi muda sehingga dengan pembinaan karakter para siswa akan mempunyai sikap kepribadian dan mental yang baik.

Dalam upaya mewujudkan terbentuknya karakter bangsa sejak dini kepada para pelajar, jajaran Kodim 0826/Pamekasan telah melaksanakan pembinaan karakter kepada siswa- siswi Sekolah Menengah Pertama Negeri yang tersebar di 13 kecamatan se Kabupaten Pamekasan.

Pembinaan karakter kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama ini merupakan program dari Pemerintah Kabupaten Pamekasan yang pelaksanaannya sudah dijadwalkan sebanyak tiga pertemuan yaitu tanggal 1 Nopember 2017, 7 Nopember 2017 dan 13 Nopember 2017 di 32 SMPN se Kabupaten Pamekasan

Menurut Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, pihaknya sangat mendukung program pembinaan karakter yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Pamekasan, dalam upaya memberikan pemahaman generasi muda untuk mengerti tentang jati diri bangsa

“Bahwasanya jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya tercermin pada perilaku masyarakat Indonesia pada umumnya yang sesuai dengan nilai yang terkandung dalam pancasila. Perilaku yang sesuai dengan nilai dalam pancasila dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang sesungguhnya,” katanya.

Dalam kegiatan pembinaan karakter kali ini, kami dari Kodim 0826 Pamekasan melibatkan seluruh Perwira Staf Kodim 0826, Para Danramil, Bintara Tinggi dan Babinsa dari jajaran koramil yang tersebar di wilayah Kodim 0826/Pamekasan sebagai nara sumber untuk memberikan pembekalan kepada para siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama yang sudah dijadwalkan oleh Pemkab Pamekasan.

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam pembinaan karakter kepada para pelajar, tentunya karakter yang berlandaskan dengan nilai-nilai Pancasila diantaranya, Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Cinta damai, Bersahabat, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli Sosial dan Tanggung jawab

Seperti nilai religius dan toleransi, ini salah satu pengamalan dari nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, dalam butir pertama ; Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaannya kepada Tuhan YME.

Disusul pada butir kedua ; Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan YME, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, sedangkan nilai toleransi telah tercantum dalam butir ketiga ; Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan YME dan keempat ;
Membina kerukunan di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan.

“Selain itu nilai-nilai semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, ini juga sudah tercantum dalam Pancasila sila ketiga Persatuan Indonesia pada butir dua, tiga dan empat yaitu yang berbunyi ; Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan, Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa dan Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia,” urai Dandim.

Sementara itu nilai “Demokratis dan Kepedulian Sosial” juga telah tercantum dalam butir-butir pengamalan Pancasila pada sila keempat ; Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, dan sila kelima ; Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Untuk itu mari kita perkuat nilai-nilai karakter maupun perilaku dalam setiap diri individu masing-masing yang sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang sesungguhnya,” pungkasnya.

Rilis

Tinggalkan Balasan