‘Sekolah Sungai’ Agar Pertanian Lestari

Bangkalan, (Media Madura) – Ratusan relawan bersihkan Kali Tani di Kampung Pageddangan, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Minggu, 5 November 2017. Mereka relawan gabungan, dari sejumlah organisasi pemuda Kelurahan Tunjung.  pegawai negeri, anggota TNI dan Polri serta pegiat pramuka juga ambil bagian dalam gotong royong tersebut. Mereka bersihkan sedimentasi dari kali tani yang memiliki panjang 600 meter itu.

“Disebut kali tani karena fungsinya untuk irigasi pertanian,” kata Abdur Hamun, Ketua Aeng Mas, organisasi peduli lingkungan di Kelurahan Tunjung.

Menurut Abdur, meski pasokan air di kali tani melimpah, namun saat musim tanam tiba, lahan-lahan di Kampung Pageddangan sering mengalami kekeringan. Bahkan, waktu bercocok tanam selalu molor alias paling akhir di banding desa lain akibat krisis air. “Penyebabnya sedimentasi, pasokan air ke sawah jadi tersendat, tidak lancar,” ujar dia.

Solusinya, kata dia, cuma satu, sedimentasi harus dibersihkan. Gayung bersambut, BPBD Bangkalan ternyata tengah menggencarkan program PRB atau Pengurangan Resiko Bencana. Program ini fokus mengajari warga yang bermukim di tiga kawasan yaitu pegunungan, lautan dan sungai. Mereka diajari bagaimana menjaga lingkungan dan pemamfaatannya. Lewat program pendidikan tak berdinding yang disebut sekolah sungai, sekolah gunung dan sekolah laut.

“warga disini sudah dapat pelajaran di sekolah sungai dan puncaknya kerja bakti hari ini, membersihkan sedimentasi di kali,” ungkap dia.

Selain bersihkan kali, sebagian relawan juga membersihkan bantara sungai Tunjung dari sampah dan menebangi pohon bambu. Warga juga pasang banner larangan membuang sampah ke sungai.

Sejumlah pejabat juga ambil bagian dalam kegiatan ini, antara lain Direktur Penanganan Pengungsi BNPB, Taufik Kartiko. Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan dan Wakil Bupati Bangkalan, Mondir Rofi’i.

“Lewat program sekolah sungai, diharapkan kebersihan kali dan sungai Tunjung terus terjaga, agar dampak resiko bencana alam bisa dicegah,” kata Wakil Bupati Bangkalan, Mondir Rofi’i.

Penulis : Mukmin Faisal
Editor : Ist

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.