Kodim Pamekasan Gelar Upacara Sumpah Pemuda

Upacara Sumpah Pemuda oleh Kodim 0826 Pamekasan, Sabtu (28/10/2017).

Pamekasan, (Media Madura) – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, prajurit dan ASN Kodim 0826/Pamekasan, Madura, Jawa Timur melaksanakan upacara bendera yang di gelar di lapangan Makodim setempat, Sabtu (28/10/2017).

Upacara dipimpin langsung Danramil 0826/03 Proppo, Kapten Inf Sumarhadi selaku Inspektur Upacara, Komandan Upacara Kapten Arh Ariman Aditiawan SH, dan Perwira Upacara, Kapten Inf Sumarno.

Sebanyak 138 rajurit dan ASN jajaran Kodim 0826/Pamekasan mengikuti upacara tersebut.

Pada upacara peringatan Sumpah Pemuda tersebut, diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda, dan pembacaan Pembukaan UUD 1945.

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi dalam amanatnya yang dibacakan Inspektur Upacara mengatakan, peringatan Sumpah Pemuda ke-89 mengambil tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu” yang menyiratkan bahwa meskipun para pemuda-pemudi bangsa berasal dari suku yang berbeda, memiliki budaya berbeda, dan latar belakang yang berbeda bukan menjadi alasan atau penghalang untuk menggalang persatuan.

Bahwasanya, peringatan sumpah pemuda kali ini diharapkan menjadi momen bagi pemuda untuk bisa memiliki visi yang pekerja keras dan pantang menyerah serta menjunjung tinggi semangat nasonalisme dan patriotisme, agar bisa menjadi pemegang tongkat estafet selanjutnya guna memajukan bangsa indonesia.

Persatuan harus menjadi hal yang diutamakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena dengan persatuan dan kesatuan maka visi dan misi bangsa ini akan bisa terwujud.

Hari Sumpah Pemuda, lanjutnya, merupakan hari yang sangat bersejarah dan telah memberikan inspirasi serta motivasi yang besar bagi kemajuan bangsa Indonesia. Melalui peringatan tersebut rakyat Indonesia dapat mengenang tekad pemuda Indonesia pada saat itu yang mengikrarkan komitmen persatuan dan kesatuan bangsa, yaitu Satu Tanah Air – Tanah Air Indonesia, Satu Bangsa – Bangsa Indonesia dan Satu Bahasa – Bahasa Indonesia.

Rilis
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.