Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif memantau pelaksanaan tes tulis calon PPK, Jumat (27/10/2017). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang secara langsung menggugurkan 16 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 424 yang mendaftar. Mereka tak hadir tanpa ada keterangan yang jelas saat tes tulis digelar di SMA Negeri 3 Sampang Jalan Diponegoro, Jumat (27/10/2017) pukul 14.00 WIB.

Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif, mengatakan peserta diberi waktu selama 120 menit untuk mengerjakan 100 soal jawaban pilihan ganda. Seleksi tes tulis calon PPK ini hanya akan meloloskan 140 orang untuk lanjut ke tahap berikutnya.

“140 peserta ini sudah masuk 10 besar per kecamatan, selanjutnya tes wawancara untuk menentukan lima peserta itu akan digelar di kantor KPU Sampang pada 2-4 November 2017,” terang Syamsul.

Dalam tes tulis saat ini peserta dibagi 16 kelas sesuai wilayah kecamatan. Satu ruang kelas rata-rata ditempati maksimal 30 peserta. Soal jawaban ditentukan oleh KPU Provinsi Jawa Timur yang telah berkordinasi dengan KPU Sampang.

“Materi tes tulis tentang pengetahuan umum dan seputar pelaksanaan pilkada serta ke wilayahan seperti jumlah DPT Kabupaten Sampang,” jelasnya.

Sesuai tahapan, setelah tes tulis KPU akan melakukan pemeriksaan hingga tanggal 29 Oktober. Selanjutnya hasil seleksi langsung bisa diumumkan nama-nama calon PPK pada 30 Oktober. Tes wawancara akan digelar pada tanggal 2-4 November. Penetapan final peserta terpilih pada 7 November.

“Setelah pengumuman, masyarakat diberi kesempatan untuk memberi tanggapan terhadap nama yang dinyatakan lulus tes tulis, baru KPU tes wawancara,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.