Petani rumput laut

Pamekasan, (Media Madura) – Harga rumput laut jenis Cattoni, yakni rumput laut ekspor saat ini mengalami kenaikan harga, dari harga awal Rp 12 ribu / kwintal dalam dua bulan terakhir, saat ini naik menjadi Rp 15 ribu.

Ditengah naiknya harga tersebut, justru produksi rumput laut jenis ini mengalami penurunan yang sangat signifikan. Penyebab penurunan produksi tersebut karena naiknya suhu permukaan laut.

“Karena panas yang sangat tinggi itu sehingga rumput laut membusuk sebelum waktunya panen,” kata salah satu petani rumput laut Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Fauzan.

Dalam kondisi panas yang sangat tinggi tersebut, kata dia, dalam satu ancak yang biasanya bisa menghasilkan 5 kwintal rumput laut, turun menjadi 1 kwintal.

Tetapi kondisi berbeda justru terjadi pada rumput laut jenis Spinosum, rumput laut jenis sayuran ini justru produksinya mengalami peningkatan, dalam satu ancak (satu kwintal bibit) bisa menghasilkan 6 sampai 7 kwintal rumput laut.

“Cuma dalam seminggu terakhir harganya malah turu, dari harga Rp 7 ribu menjadi Rp 6.500. Ini rumput laut yang sudah kering lho,” pungkasnya.

Reporter : Arif
Editor : Ahmadi

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.