Srikandi Polres Sampang saat memberikan pengarahan terhadap orangtua dalam berkendara membawa anak di Jalan Jamaludin Kota Sampang, Senin (16/10/2017) pagi. (Ryan Hatiyanyo/MM).

Sampang, (Media Madura) – Satuan Lalu Lintas Polres Sampang melakukan sosialisasi tentang penggunaan helm bagi anak-anak. Mengingat, kesadaran orangtua terhadap keselamatan anak saat berkendara masih minim.

“Sering sekali melihat pengendara motor saat membonceng anak tidak menggunakan helm seperti ketika orangtua mengantarkan anaknya ke sekolah,” kata Kasatlantas Polres Sampang, AKP Musa Bachtiar, Senin (16/19/2017).

Musa menuturkan, pihaknya selalu memberikan teguran kepada orangtua saat mengantarkan anak ke sekolah. Petugas yang mengatur lalu lintas di pagi hari untuk memberi arahan ke setiap pengendara khususnya ketika membawa anak.

“Alasan orangtua karena dianggapnya masih kecil, padahal ini akan pentingnya keselamatan dalam penggunaan helm,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya menyanyangkan karena pemahaman masing-masing orangtua tersebut jauh dari ketentuan sesuai UU RI nomor 22 tahun 2009. Yakni, tidak menyebutkan perkecualian usia dalam penggunaan helm.

“Dari inilah kami melakukan terobosan kreatif dengan menerjunkan srikandi Satlantas Polres Sampang untuk melakukan kegiatan dengan nama Bombasir kampanyekan keselamatan anak, ” jelasnya

Dirinya berharap, dalam kegiatan tersebut muncul kesadaran bagi orang tua untuk berpikir dan menyadari akan pentignya keselamatan anak saat berkendara karena mereka nantinya yang akan menjadi generasi penerus bangsa dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.