Disperindag Jatim Turun Langsung Sisir Toko Moderen di Sampang, Ada Apa?

Tim Disperindag Jawa Timur saat menyisir Ke sejumlah toko di Sampang, Sejin (16/10/2017). (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, (Media Madura) – Unit Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak tentang penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET) ke sejumlah toko ritel moderen di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Senin (16/10/2017).

“Kami menyisir produk makanan untuk mengawasi dan pembinaan dalam menerapkan HET,” kata Kepala UPT Perlidungan Konsumen (Disperindag) Surabaya, Eka Setya Budi, Senin (16/10/2017).

Dia mengatakan, penyisiran dilakukan untuk melakukan kontrol penerapan HET, perubahan penggunaan produk berlabel SNI baru dan masa kadaluarsa produk makanan dan minuman. Hal itu sesuai amanah UU No 23 Tahun 2014.

Eka menjelaskan, mengenai penerapan HET berlaku untuk produk beras, minyak, maupun gula karena diperpanjang hingga 31 Desember 2017. Sedangkan untuk produk SNI baru yaitu SNI 58 yang dikeluarkan oleh Kementrian KKP seperti produk makanan kaleng seperti sarden dan semacamnya.

“Di Surabaya sudah ada yang kenak razia kepolisian, karena jika terkena pelanggaran perlindungan konsumen dan perdagangan itu berat, jika terkena UU perlidungan konsumen itu sanksinya 5 tahun penjara dengan denda Rp 2 miliar. Sedangkan UU perdagangan dikenakan sanksi 5 tahun penjara dan denda Rp 5 miliar,” jelasnya.

Ditanya hasil temuan sementara, pihaknya mengatakan hanya menemukan satu makanan kaleng jenis sarden di salah satu toko moderen indomaret karena tidak ada penandaan produk ber-SNI.

“Di Sampang kami sisir hingga lima hari kerja ke depan, kemarin di Bangkalan, dan setelah di Sampang nanti kami akan ke Pamekasan. Area kerja kami di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Madura. Semuanya ada dua regu, per regu beranggotakan 4 orang, tapi kebetulan regu lainnya ada di Gresik. Dan untuk hasil keselurahan nanti kami kabari,” tandasnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.