Centra souvenir dan promosi produk unggulan di Jalan Diponegoro Kecamatan Kota Sampang. (Ryan Hariyanto/dokMM).

Sampang, (Media Madura) – Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin) Sampang Imam Rizali, mengungkap akan memberi pelatihan bagi peserta 53 kelompok industri kecil menegah (IKM) di Sampang pada pertengahan Oktober hingga November 2017.

“Kita punya sembilan paket program pelatihan IKM,” kata Imam, Sabtu (7/10/2017).

Pelatihan bagi IKM, lanjut Imam, telah dianggarkan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2017 senilai Rp 751 juta. Dana sebesar Rp 751.458.000 itu dibagi menjadi dua kategori.

Yakni pertama pengembangan hasil produksi IKM anggarannya Rp 598.868.000 dengan peserta 23 kelompok. Kedua, peningkatan ilmu pengetahuan teknologi (iptek) dan sistem produksi anggaran Rp 154.590.000 dengan jumlah peserta 30 kelompok.

“Kegiatan pelatihan ini sebagai upaya mengembangkan dan meningkatkan iptek dan sistem atau tata cara produksi bagi pelaku IKM di Sampang, sehingga kedepan bisa mendorong penguatan ekonomi masyarakat pelaku industri kecil,” jelasnya.

Untuk itu, dia berharap pelaku industri kecil bisa meningkatkan hasil produksi terutama dalam hal kualitas. Dengan demikian, produk yang dihasilkan lebih dikenal dan diminti oleh masyarakat. Bahkan pelaku industri diberi ruang untuk menitipkan contoh hasil produksi di Gallery Souvenir agar bisa dipasarkan.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan