Ilustrasi

Sampang, (Media Madura) – Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Kabupaten Sampang Suhrowardi, melalui Kabid Tenaga Kerja Bisrul Hafi, mengungkapkan satu orang TKI ilegal asal Desa Pangareman, Kecamatan Ketapang meninggal dunia. Ia adalah Mustofa (52), yang mengadu nasib di negeri Malaysia.

“Hari ini ada satu TKI asal Sampang meninggal dunia, informasi ini dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur,” kata Bisrul Hafi dibalik telepone, Rabu (13/9/2017).

Dirinya menuturkan, jenazah Mustofa, akan dipulangkan hari ini, Rabu (13/9/2017) dari Malaysia. Ia meninggal karena menderita penyakit diabetes akut. Selain itu, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Pos Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (P4TK) di Pamekasan, dan aparat desa serta pihak keluarga.

“Terkait pemulangan jenazah kami sudah koordinasi, karena meskipun TKI ilegal tetap difasilitasi transportnya, soal bantuan sosial bisa dapat kalau mengajukan ke Dinas Sosial,” terangnya.

Bisrul menyampaikan, meninggalnya Mustofa, menambah daftar jumlah TKI asal Sampang yang dipulangkan dalam keadaan meninggal dunia dari Malaysia. Pihaknya mencatat, selama kurun waktu tiga bulan ada 15 jenazah dipulangkan ke kampung halaman.

“Mereka semua ini melalui jalur ilegal, kalau yang resmi tidak ada,” ungkapnya.

Dia menambahkan, rata-rata para TKI ilegal berasal dari Kecamatan Ketapang, Sokobanah, dan Karang Penang. Namun, paling terbanyak terdapat di Kecamatan Sokobanah.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan