Sumenep, 4/9 (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kian mendapatkan jalan mulus untuk terus mempromosikan wisata, kesenian dan kebudayaan tradisional ke mata dunia. 

Saat kedatangan wisatawan manca (wisman) hari ini, ternyata ikut serta kru TV Brazil. Mereka bergabung bersama bule lainnya yang berasal dari negara seperti Australia, Philipina, Kanada, Brazil dan Jerman.

Dengan adanya kru TV, otomatis Sumenep dapat lebih mudah mempromosikan segala macam potensi sehingga dapat dikenal luas di Brazil khususnya dan dunia umumnya. 

“Ya, mereka (kru TV Brazil) memang tertarik meliput kesenian dan kebudayaan tradisioal di Sumenep. Tentu, tidak akan kita sia-siakan untuk sambil lalu mempromosikan potensi wisata Sumenep,” ujar Kadisbudparpora Sumenep, Sufiyanto, Senin (4/9/2017).

Pada kunjungan wisman kali ini, tercatat ada 29 wisman yang datang dengan kapal pesiar. Mereka diagendakan mengunjungi Pantai 9 di Kecamatan Gili Genting, Masjid Jamik, serta Kraton dan Museum Sumenep. 

Karena dianggap tamu spesial, kedatangan mereka disambut dengan musik Ul-Daul dan tarian tradisional, para bule juga disuguhi makanan-minuman tradisional khas Sumenep, seperti Poka’ (air gula merah campur jahe), Apen, Ghetas dan Rengginang Lorjuk. 

“Untuk kru TV, mereka memang lebih pada kesenian dan kebudayaan serta warisan budaya, seperti Kraton Sumenep ini. Tapi apapun itu, mereka akan kita manfaatkan sebagai jembatan untuk “menjual” potensi Sumenep, agar semakin dikenal dan semakin banyak wisaman tertarik datang,” tandas Sofi. 

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan