Salah satu hewan ternak untuk kurban tahun anggaran 2016 lalu milik Dinas Sosial Kabupaten Sampang. (Ryan Hariyanto/MM).

Sampang, 23/8 (Media Madura) – Pengadaan sapi dan kambing Dinas Sosial Pemkab Sampang sangat rawan menjadi dana bancakan oleh oknum terkait. Pembelian hewan kurban dalam menghadapi Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah itu dianggarkan dengan besaran mencapai Rp 525.250.000.

Namun sayangnya, Dinas Sosial mengaku belum tahu secara pasti berapa jumlah penerima hewan kurban, spesifikasi hewan, dan harga satuan ekor. Termasuk pemenang lelang kegiatan pengadaan sapi dan kambing yang bersumber dari dana APBD 2017.

“Silahkan tanyakan langsung ke bagian Pengadaan Barang dan Jasa atau LPSE,” ucap Kepala Dinsos Sampang Moh Amirullah dibalik telepone, Rabu (23/8/2017) siang.

Pantuan mediamadura.com, pengadaan hewan kurban tersebut sebagaimana tercantum dalam Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemkab Sampang dimenangkan oleh CV Durian Bangkit Mandiri yang beralamat di Jalan Rajawali Nomor 7 Sampang dengan nilai penawaran sebesar Rp 524.111.500.

Amir kembali menyampaikan, pengadaan sapi dan kambing dengan nilai pagu Rp 525.250.000 itu hanya menghasilkan sebanyak 105 ekor. Rinciannya, 85 ekor kambing dan 20 ekor sapi. Penyalurannya didistribusikan langsung ke Yayasan, Pondok Pesantren, dan Masjid yang diintruksikan di 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang.

“Kayaknya per ekor sapi harganya sekitar Rp 16 juta, sedangkan harga kambing sekitar Rp 2,5 juta,” jelasnya.

Tak hanya itu, Amir berharap pihak rekanan agar menyalurkan bantuan pengadaan sapi dan kambing sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Mengingat, kegiatan tersebut merupakan ibadah dalam memperingati Hari Raya Idul Adha.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan