Komandan Koramil 0826/04 Galis Kapten Inf Joelian menjadi Inspektur Upacara (Irup) di SMA Negeri 1 Galis Pamekasan, Senin (21/8/2017).

Pamekasan, (Media Madura) – Komandan Koramil 0826/04 Galis Kapten Inf Joelian menjadi Inspektur Upacara (Irup) di SMA Negeri 1 Galis Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (21/8/2017).

Upacara diikuti seluruh guru dan siswa di lembaga itu. Upacara berlangsung tertib dan khidmat.

Kapten Inf Joelian dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya pengamalan dan penghayatan nilai-nilai Pancasila. Yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila jangan hanya dihafal saja, namun harus dihayati dan dipahami serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan benar,” katanya.

“Pancasila juga dapat menangkal segala bentuk rongrongan atau gangguan yang dapat merusak moral bangsa serta dapat menjaga keutuhan NKRI,” sambung, Kapten Joelian.

Dia mengatakan, menjadi Irup dalam sebuah upacara bendera di lembaga pendidikan adalah agenda rutin yang dilaksanakan oleh Koramil 0826/04 Galis. Pihaknya juga memerintahkan jajaran Babinsa agar selalu aktif dalam kegiatan di sekolah-sekolah, utamanya di desa binaannya masing-masing.

“Dengan tujuan untuk menanamkan kedisiplinan, cinta Tanah Air dan menumbuhkan kesadaran bela negara kepada siswa sejak dini sebagai generasi penerus bangsa,” ujarnya menjelaskan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Koramil Galis pun mendapat apresiasi dari para guru.

“Kami berterima kasih kepada pihak Koramil 0826/04 Galis yang telah sudi dan meluangkan waktunya untuk menjadi Irup dalam upacara yang digelar di sekolah pada setiap hari Senin,” tuturnya salah satu guru, Yuni.

“Di samping itu, kami juga mendapat hikmah untuk sambil belajar tentang tata cara upacara bendera yang lebih benar, sejak Bapak TNI itu aktif di berbagai kegiatan di sekolah seperti kegiatan kepramukaan dan upacara bendera, kami selaku guru pengajar dapat menilai para siswa-siswi sekarang sudah mulai tertib dan bersemangat,” tandasnya.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan