Sampang, 10/8 (Media Madura) – Sebanyak 551 Calon Haji (Calhaj) asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, resmi dilepas oleh Bupati Fadhilah Budiono secara simbolis di Masjid Agung Jalan Pahlawan, Kamis (10/8/2017) pagi.

Pelepasan itu dilakukan dengan penyerahan baju batik yang merupakan bantuan dari pemerintah daerah untuk para Calhaj. Hadir pula dalam acara tersebut Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar dan Dandim 0828 Sampang Letkol Infantri Indrama Bodi. 

Bupati Fadhilah berpesan kepada para JCH untuk dapat mengkondisikan diri untuk meningkatkan kesabaran, menjaga kesehatan dan berniat secara tulus melaksanakan ibadah, termasuk rokok juga diingatkan untuk tidak membawa terlalu banyak. 

“Jangan ada niat bisnis, berniatlah benar-benar beribadah,” tegasnya. 

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang Juhedi mengungkapkan, dari 551 JCH yang akan berangkat tahun ini, tersisa 4 orang yang belum mendapatkan visa. 

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti penyebabnya, karena yang menerbitkan visa haji itu langsung dari pemerintah Arab Saudi. 

“Kami merasa yakin sebelum pemberangkatan sudah terbit semua,” ucapnya. 

Ia mengimbau kepada para JCH Sampang selama ada di Mekkah untuk selalu berkoordinasi dengan ketua regu dan rombongan agar tidak tersesat. 

Juhedi menambahkan, pada tahun ini ratusan JCH Sampang terbagi dalam dua kelompok terbang yakni kloter 57 dan 58 yang akan diberangkatkan ke asrama haji Surabaya pada tanggal 15 dan 16 Agustus mendatang.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan