Sampang, 15/6 (Media Madura) – Pengguna jalan wajib mewaspadai berbagai kerawanan di jalur mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Salah satunya di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Sejumlah jalur alternatif nasional terdapat rawan kecelakaan serta masih minimnya sarana rambu lalu lintas. Polisi sudah melakukan pemetaan terhadap jalur nasional tersebut.

Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar mengatakan, jalur nasional yang masih rusak dan bergelombang itu diantaranya Jalan Nyiburan Kecamatan Jrengik, wilayah Kota Sampang di Jalan Teuku Umar, simpang tiga Jalan Mangkubumi, dan sepanjang Jalan Raya Taddan Kecamatan Camplong.

“Jalur nasional inilah menjadi atensi polisi saat memasuki arus mudik lebaran, karena saat ini kondisinya rusak dan minim rambu lalu lintas sehingga dapat membahayakan para pengguna jalan,” ucapnya, Kamis (15/6/2017).

Tofik menyampaikan, Satlantas Polres Sampang saat ini sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sampang untuk bisa melakukan perbaikan jalan.

“Kita upayakan sehingga nantinya pada hari H lebaran masyarakat sudah bisa menggunakan dengan baik,” terangnya.

Selain itu, untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan, dalam waktu dekat pihaknya akan memasang beberapa rambu-rambu lalu lintas.

“Untuk meminimalisir kecelakaan akibat jalan yang rusak kami akan pasang rambu-rambu lalu lintas menjelang H-7 lebaran,” terangnya.

Sementara, Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Sampang Abdul Rokib menjelaskan, sejumlah titik itu termasuk jalan nasional, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, Sidoarjo, terkait kerusakan itu.

“Sejauh ini untuk jalan nasional itu belum ada perbaikan, kita saja yang jalan kabupaten juga masih banyak yang rusak,” ungkapnya.

Ia menyebutkan untuk persiapan arus mudik tahun ini, perbaikan jalan kabupaten hanya dilakukan di wilayah perkotaan saja karena keterbatasan anggaran dan waktu. Adapun jalan kabupaten yang diperbaiki yaitu di Jalan Teuku Umar atau depan terminal bus dan di Jalan Jamaludin.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan