Sampang, 21/4 (Media Madura) – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Sampang, Madura, Jawa Timur, memberikan pelayanan gratis pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi perempuan yang lahir bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 21 April.

Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar, melalui Kasat Lantas AKP Erika Purwana Putra, mengatakan memperingati Hari Kartini dengan menggratiskan pembuatan SIM baru dan perpanjangan sebagai bentuk apresiasi kepada pemohon khususnya perempuan di wilayah hukum Sampang.

“Meski pembuatan SIM gratis, prosedur dan mekanisme tetap dilaksanakan seperti uji teori dan praktek. Namun kita berikan apresiasi untuk biaya digratiskan berlaku hari ini,” ujar Erika, Jumat (21/4/2017).

Menurutnya, ada 5 orang perempuan yang digratiskan pembuatan SIM C. Terdiri dari, 2 pemohon SIM baru dan 3 pemohon SIM perpanjangan.

Sedianya, biaya administrasi pengurusan SIM sesuai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yakni Rp120 ribu untuk SIM A dan SIM B, dan Rp100 ribu untuk SIM C. Sedangkan untuk memperpanjang masa berlaku SIM dikenakan Rp80 ribu untuk SIM A dan SIM B, dan Rp75 ribu untuk SIM C.

Tak cuma itu, mengambil momen peringatan Hari Kartini, masing-masing Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas di pelayanan masyarakat semuanya mengenakan kebaya. Dengan begitu dapat menunjukkan kemampuan yang komprehensif tak hanya bagi keluarganya.

Di ruas jalan tepat di Jalan Trunojoyo Monumen Sampang pada Jumat pagi, Polwan juga membagikan setangkai bunga diberikan ke para pengguna jalan raya.

“Ini wujud cinta kepada Kartini sehingga Polwan bertugas di pelayanan mengenakan baju kebaya khusus, sedangkan laki-laki memakai baju sakera,” katanya.

Sementara itu, Siti Faridah (32) warga Jalan Rajawali Kota Sampang, mengaku senang dan berterima kasih kepada polisi. Sebab, di hari kelahirannya itu dan bertepatan Hari Kartini pembuatan SIM digratiskan.

“Senang pak, dikirain dipanggil petugas ke dalam karena bermasalah, eh ternyata pembiayaan SIM digratiskan karena hari ini kelahiran saya bertepatan Hari Kartini,” singkatnya.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan