Sampang, 4/4 (Media Madura) – Kodim 0828 Sampang, Madura, Jawa Timur tahun ini memberikan bantuan program rehab rumah tidak layak huni (RTLH) kepada 575 rumah tersebar di 14 Kecamatan se Kabupaten Sampang.

Dandim 0828 Sampang Letkol Inf Indrama Bodi, mengatakan program yang lebih dikenal dengan bedah rumah bagi warga pra sejahtera itu sebagai upaya pemerintah provinsi Jawa Timur meningkatkan taraf hidup dan kesehatan masyarakat.

“Program RTLH sendiri dibantu TNI melalui Kodam V Brawijaya dan turun ke Kodim 0828 Sampang. Mulai bulan ini sudah dikerjakan dan mungkin akan selesai bulan Juni mendatang karena pengerjaanya dengan tiga tahap,” katanya.

Indrama menjelaskan, program RTLH itu masing-masing rumah warga mendapat kucuran dana rehab sebesar Rp 6,5 juta. Artinya jika diakumulasikan dari jumlah penerima 575 mencapai Rp 3.737.500.000.

Pengerjaan sendiri dilakukan oleh anggota TNI dibantu masyarakat. Untuk daerah dominasi terbanyak mencakupi di wilayah Kecamatan Kedungdung.

“Saya perintahkan mulai dari Danramil agar bekerja dengan tepat sasaran agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Adapun kriteria RTLH yang akan direnovasi, yaitu lantai rumah berupa tanah serta dinding yang masih terbuat dari anyaman bambu, serta rumah tersebut tanpa ventilasi dan tanah milik pribadi (tanpa sengketa), dan penghasilan pemilik di bawah UMK.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan