Pamekasan, 30/3 (Media Madura) – Sebuah Puskesmas Pembantu (Pustu) di Dusun Bakbatoh Timur, Desa Kertagena Tenga, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, bertahun-tahun tidak ditempati, kondisinya saat ini rusak parah.

Menurut Jumriyah (52), pustu yang dibangun puluhan tahun lalu itu hanya ditempati sebentar, kini dibiarkan rusak berat. Tembok bangunan di sejumlah sisi sudah mengelupas, plafon di bagian depan nyaris ambruk. Di tiap pojok tembok terdapat sarang burung sriti.

“Saya lupa sudah berapa lama bangunan itu tidak dipakai, namun diperikirakan sekitar 20 tahun terakhir,” katanya, Kamis (30/3/2017).

Menurutnya, saat ini jika ada masyarakat yang mau berobat harus langsung ke rumah petugas kesehatan yang dulu menepati Pustu tersebut, karena jaraknya tidak jauh.

“Sejak petugas kesehatan yang dimaksud memiliki rumah sendiri, pelayanan kesehatan pindah secara perlahan, hingga saat ini total pelayanan kesehatan di rumah tersebut pindah bahkan bisa ngamar,” tambah Jumriyah.

Sementara, kamar mandinya kadang dipakai warga sekitar, makanya masih berisi air bersih. “Kami ingin bangunan itu bisa dimanfaatkan untuk hal yang berguna. Karena kalau dibiarkan sangat bahaya,” tukas Jumriyah.

Reporter: Rifqi
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan