Sampang, 29/3 (Media Madura) – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sampang tahun 2017 yang dibuka oleh Wakil Bupati Fadhilah Budiono Rabu (29/3) pagi pukul 09.30 WIB berlangsung sukses.

Kegiatan yang diikuti Forpimda, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Camat dan undangan lainnya digelar di Pendopo Bupati Sampang, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2018 dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar Penanggulangan Bencana dan Daya Saing Ekonomi Daerah menuju Kabupaten Sampang yang Bermartabat”.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sampang Fadhilah Budiono mengatakan pelaksanaan musrenbang merupakan amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Sesuai amanat UU 25/2004, pemerintah daerah diwajibkan menyusun RKPD yang merupakan penjabaran dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Pemerintah daerah wajib menyelenggarakan musrenbang secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan sampai ke tingkat kabupaten sebagaimana yang telah kita gelar hari ini untuk penyusunan RKPD,” kata Fadhilah.

Fadhilah Budiono memberikan penghargaan kepada Camat Kota Sampang dan Camat Camplong sebagai pelaksana terbaik penyusunan RKPD 2018 di Musrenbang Kabupaten 2017.

Dirinya menegaskan, nantinya proses perencanaan peningkatan pembangunan menjadi prioritas mulai dari infrastruktur jalan dan kesehatan. Mengingat, musrenbang merupakan instrumen perencanaan pembangunan nasional/daerah yang secara yuridis, strategis dan teknis harus dilakukan di setiap jenjang pemerintahan.

“Permasalahan mendasar yang tidak lepas dari kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan ini menjadi target kedepan. Maka itu untuk meningkatkan capaian kinerja pembangunan daerah terutama menjelang tahun terakhir masa kepemimpinan Al Falah ini pada 2018 mendatang, yakin bisa tercapai,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Fadhilah, kebijakan yang perlu diperhatikan dalam kegiatan Musrembang kali ini akan dipersiapkan melaksanakan Musrembangnas di Jakarta. Sebab, kegiatan tersebut tidak hanya sebagai usulan dan program, melainkan menjadi tolak ukur perkembangan pembangunan dan SDM Sampang kedepan membawa kesejahteraan masyarakat adil dan makmur.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sampang Tony Moerdiwanto, menjelaskan puncak kegiatan musrenbang ini setelah menggelar musrenbangdes di 180 desa dan di 14 kecamatan se Kabupaten Sampang untuk konsultasi publik yang bertujuan penyempurnaan RKPD memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi OPD.

“Serta mengklarifikasi usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada pemerintah daerah melalui musrenbang di tingkat desa/Kelurahan maupun kecamatan,” terang Tony.

Sebelum kegiatan itu selesai, Fadhilah Budiono memberikan penghargaan sebagai pelaksana terbaik penyusun RKPD 2018 kepada Camat Kota Sampang Suryanto dan Cmat Camplong Taufik, didampingi Sekda Puthut Budi Santoso, Ketua DPRD Imam Ubadillah, dan Kepala Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) IV I Gusti Ngurah Indra Setiabudi mewakili Gubernur Jatim Soekarwo.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan