Sampang, 9/2 (Media Madura) – Dalam kunjungannya ke Kabupaten Sampang, Madura, memantau bencana banjir merendam di wilayah itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf kembali menjanjikan pencegahan banjir.

Gus Ipul, sapaan akrapnya, menyampaikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengalokasikan anggaran sebesar Rp 58 miliar di tahun 2017. Itu dilakukan untuk meminimalisir bencana banjir yang sering melanda Kota Bahari ini.

“Rp 50 miliar ini dari Pemprov Jatim dan ada tambahan dana dari pemerintah pusat 8 miliar sehingga totalnya Rp 58 miliar,” kata Gus Ipul.

Menurut dia, anggaran Rp 58 miliar itu diprioritaskan untuk normalisasi sungai, membuat pompa air dan perbaikan tangkis serta pengangkatan sedimentasi di sungai yang merupakan penyebab seringnya banjir di sana.

“Harapan kami bisa mengurangi 10 sampai 20 persen banjir di Sampang, kami lakukan secara bertahap,” ucapnya.

Gus Ipul mengatakan, memang perlu strategi khusus untuk mengatasi banjir yang sering melanda Kota Sampang mengingat letaknya berada 80 cm dibawah permukaan air laut.

Dirinya berharap tahun depan ada tambahan dana lagi karena untuk mengatasi banjir secara permanen di Sampang membutuhkan anggaran Rp 500 miliar.

Reporter: Ryan Hariyanto
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan