Sumenep,  8/2 (Media Madura) – Menjelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2017, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep mengawali kegiatan dengan melakukan ziarah ke makam tokoh pers di Sumenep, Rabu (8/2/2017).

Kendati sejak pagi wilayah Sumenep diguyur hujan ckup lebat, pelaksanaan ziarah itu tetap bergairah dan berlangsung khidmat.

“Kegiatan seperti ini memang baru kali ini kita laksanakan. Kami ingin meneladani beliau-beliau, karena mereka adalah orang-orang hebat yang sudah mendahului kita,” ucap Ketua PWI Sumenep, Ach Rifa’i. 

Makam tokoh pers yang diziarahi diantaranya makam Oesman Saleh (Ketua PWI Sumenep pertama) Tohet Ready,  Moh Ramli, dan Agus Rasyid yang terletak di kompleks makam Pahlawan.

“Kaitannya dengan pers, bahwa beliau-beliau adalah para tokoh yang memang memiliki latar belakang pers dan semuanya adalah wartawan,” imbuhnya. 

Menurut Rifa’i, bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional, sudah sepatutnya wartawan yang kini masih aktif terutama yang tergabung dalam PWI Sumenep melakukan refleksi atas nilai-nilai perjuangan mereka di masanya. 

“Yang paling penting, bagaimana kontribusi dan pengabdian mereka melalui pers harus mampu kita teruskan dengan lebih saat ini. Saya juga berharap kegiatan ini dapat secara kontinyu kita gelar, minimal setiap tahun,” pungkasnya. 

Selain ziarah, PWI Sumenep juga akan menggelar Resepsi HPN 2017 dan HUT PWI ke-71, Kamis (9/2/2017) serta Dialog Publik tentang Peran Pers dalam Pembangunan Daerah pada tanggal 15 Februari 2017.

Reporter: Rosy
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan