Sumenep, 4/2 (Media Madura) – Tanggal 9 Februari 2017 mendatang dunia pers akan kembali memperingati Hari Pers Nasional (HPN) ke-71 yang akan dipusatkan di kota Ambon, Maluku.

Di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, peringatan serupa juga tengah diagendakan oleh Persatuan Wartawan Indononesia (PWI), rencananya insan pers yang tergabung di PWI akan menggelar resepsi HPN di hari yang sama.

Namun sebelum itu, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim secara khusus sudah menyampaikan ucapan selamat HPN kepada para pelaku media yang bertugas di wilayah Sumenep.

“Pertama saya mengucapkan selamat HPN, mudah-mudahan kedepannya pers semakin bermutu dan berkontribusi memajukan bangsa,” ucapnya dalam sebuah acara bersama wartawan.

Orang nomor satu di Sumenep itu juga menyampaikan sejumlah harapan, antara lain dia berharap kedepannya perusahaan media semakin meningkatkan kesejahteraan wartawan.

“Karena kalau wartawan sejahtera, saya yakin produktifitas wartawan juga akan meningkat dengan kualitas yang juga semakin bagus,” harapnya.

Selanjutnya, politisi PKB ini juga berharap wartawan di daerah Sumenep khusunya mulai membentuk spesialisasi seperti halnya profesi dokter, dimana ada dokter spesialis gigi, dokter mata dan lain sebagainya.

“Jadi, yang mengerti anggaran misalnya fokus di DPRD, dan yang mengerti seni budaya, pemerintahan, hukum dan kriminal menulis sesuai keahliannya,” ujarnya.

Dengan begitu, menurut Busyro, kualitas berita akan lebih baik, dari pada satu wartawan menulis perseolan di segala bidang.

“Yang paling penting lagi adalah pemberitaan tidak hanya sekedar melempar masalah tanpa disertakan solusi, supaya pembaca tidak bingung. Jadi, ketika ada masalah di suatu sektor, silahkan diberitakan tapi sampaikan dengan solusinya,” pungkas Busyro.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan