Pamekasan, 7/1 (Media Madura) – Dua pohon di pinggir jalan raya di Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, Jawa Timur tumbang, Sabtu (7/1/2016) petang. Akibatnya, jalur utama Pamekasan-Sumenep lumpuh.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan Budi Cahyono mengatakan, dua pohon tumbang dan melumpuhkan jalan Provisi yang menghubungan Pamekasan-Sumenep akibat hujan disertai angin kenjang.

“Pohon tumbang terjadi di dua titik yakni di Jalan Desa dan Jalan Provinsi,” kata Budi kepada media di Pamekasan, Sabtu petang.

Pohon yang tumbang berukuran kurang lebih 30 centimeter dan ketinggian 8 meter. Petugas membutuhkan masing-masing waktu 30 menit untuk mengevakuasi kedua pohon tersebut. Pohon tumbang yang menutup jalan Provinsi yang dievakusi lebih dulu oleh petugas dibantu warga setempat.

“Kita evakuasi yang menutup akses jalan Provinsi dulu,” ucapnya.

Petugas menemui kesulitan saat proses evakuasi pohon tumbang karena minim lampu penerangan. Tetapi evakuasi tetap dilakukan. Evakuasi dilakukan dengan cara memotong pohon.

“Lokasinya juga gelap dan tersangkut jaringan listrik sehingga kami kesulitan untuk melakukan evakuasi,” imbuh Budi.

Budi menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dan tidak berada di bawah pohon saat terjadi hujan deras yang disertai angin. Sebab dalam sebulan terakhir banyak kejadian pohon tumbang di Pamekasan. Ia juga berharap agar masyarakat segera melapor jika ada pohon tumbang agar segera dievakuasi.

Reporter: Zainol
Editor: Ahmadi

Tinggalkan Balasan