21.4 C
Madura
Selasa, Juni 25, 2024

HPN 2023, Diskominfo Pamekasan Buka Bengkel Jurnalistik PWI

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dengan sejumlah rangkaian kegiatan.

PWI Pamekasan menggelar Bengkel Jurnalistik sebagai acara pembuka HPN. Dengan melibatkan 100 pelajar, pelatihan ini digelar di Pendopo Budaya Wakil Bupati Pamekasan, Selasa (28/2/2023).

Dalam memeriahkan acara ini, PWI Pamekasan mengundang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat yang dihadiri Kepala Bidang IKP, Arief Rachmansyah. Dan, membuka acara.

Ketua PWI Pamekasan, Tabri S Munir mengatakan, 100 pelajar yang hadir dalam pelatihan Bengkel Jurnalistik dari ikatan pelajar nahdlatul ulama (IPNU) dan ikatan pelajar putri nahdlatul ulama (IPPNU).

“Selain menerima materi tentang jurnalistik, mereka semua nantinya langsung praktik bagaimana menulis berita yang baik dan benar,” katanya.

Lanjut Tabri, teknis Bengkel Jurnalistik ini adalah 100 pelajar akan dibagi beberapa kelompok. Per kelompok akan diisi satu pendamping dari anggota PWI Pamekasan.

Meski tergabung dalam satu kelompok, tiap peserta diharuskan menulis satu berita. “Mereka akan didampingi oleh wartawan yang telah dinyatakan lulus UKW (uji kompetensi wartawan) tingkat Madya,” ujarnya.

Pimpinan Harian Pagi Kabar Madura itu juga menjanjikan reward kepada peserta yang karya jurnalistiknya dinilai memenuhi syarat. “Kami siapkan dua jersey original Madura United kepada peserta terbaik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Pamekasan, Arief Rachmansyah mengapresiasi  Bengkel Jurnalistik yang digelar PWI Pamekasan.

“Kami mengapresiasi kegiatan bengkel jurnalistik ini, karena dapat membangun konektifitas antara jurnalis dengan grass root. Apalagi, sepertinya hanya tahun ini kegiatan bengkel jurnalistik ini (diadakan PWI Pamekasan),” ujar Arief.

Pihaknya mendorong para peserta pelatihan jurnalistik senantiasa memproduksi tulisan yang edukatif, baik berita, artikel, opini dan lain-lain demi terciptanya atmosfer yang positif. Sebab, jurnalis memiliki peran besar dalam mengkonstruksi mindset seseorang tentang sesuatu hal.

“Mari kita berpikir secara bebas, namun konstruktif tanpa menyinggung norma-norma sosial yang ada. Tetap, jadilah diri sendiri, jangan sampai terbawa arus, kita harus punya prinsip hidup yang tidak bisa diintervensi oleh orang lain,” pesannya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada PWI Pamekasan yang telah menggelar bengkel jurnalistik untuk mencari dan mengasah bibit muda berkualitas di bidang jurnalistik.

“Saya sampaikan selamat dan sukses kepada PWI Pamekasan,” pungkasnya.

Usai Bengkel Jurnalistik, PWI Pamekasan akan menggelar Resepsi Puncak HPN di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, malam harinya.

Resepsi Puncak HPN akan dimeriahkan pentas musik yang dikemas Forum Kearifan Lokal se Pamekasan. Dengan menyajikan penampilan musik tradisional Albanjari, musik Daul dan lainnya.

Rangkaian kegiatan lainnya, yakni pertandingan persahabatan sepak bola antara wartawan dengan Forkopimda dan ditutup dengan olahraga bareng Forkopimda di Mapolres Pamekasan. (Zainol/Arif).

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article