22.5 C
Madura
Kamis, Mei 23, 2024

Peresmian Alun-Alun Trunojoyo Jadi Ikon Kota Sampang

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Sampang, (Media Madura) – Bupati Sampang H Slamet Junaidi meresmikan Alun-Alun Tronojoyo yang baru selesai dibangun sebagai taman ikon Kota Sampang, Madura, Jawa Timur, Jumat (23/12/2022) malam.

Kegiatan tersebut merupakan malam resepsi puncak kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Sampang ke-399 yang mengusung tema “Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan Berkelanjutan, Didukung SDM yang Berbudaya”.

Peresmiannya berlangsung meriah karena diiringi panggung hiburan dengan menghadirkan penyanyi kondang asal Yogjakarta, Nabila Maharani.

“Setelah diresmikannya alun-alun Trunojoyo yang sebelumnya lapangan Wijaya Kusuma ini semoga dimanfaatkan dengan baik, mari kita jaga semuanya karena ini jadi ikon kota kita,” ucap Bupati Sampang H Slamet Junaidi didampingi istri dan Wakilnya H Abdullah Hidayat.

Haji Idi mengatakan, fasilitas baru yang dimiliki Alun-Alun Trunojoyo diantaranya ruang terbuka hijau, area tempat duduk, toilet, area bermain air mancur, dan tempat lainnya yang bisa digunakan untuk kegiatan kreatif.

Keberadaannya lebih menarik lagi karena dilengkapi tiga patung yang terbuat dari perunggu sebagai ikon Kabupaten Sampang. Seperti payung konvertibel layaknya seperti payung di Masjid Nabawi, patung kerapan sapi Jet Matic beserta jokinya, dan celurit Bunto’ Ajem (Buntut Ayam).

“Mudah-mudahan dimanfaatkan dengan baik, warga juga seneng apalagi lokasinya di tengah jantung kota,” harapnya.

Diketahui anggaran total pembangunan Alun-Alun Trunojoyo mencapai Rp 24,6 miliar yang bersumber dari APBD Sampang tahun 2022.

Momentum peringatan hari jadi Sampang tak hanya peresmian Alun-Alun Trunojoyo, juga diisi penyerahan 1.000 Al Quran kepada dewan Masjid Indonesia Sampang, pemberian penghargaan bagi Desa Mandiri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Dilanjutkan, pemberian penghargaan Desa Wisata dari Gubernur Jawa Timur kepada Desa Bira Tengah, penghargaan kantor kecamatan pelunasan PBB terbaik, penghargaan tim perumus baju adat, penyerahan reward atlet KONI berprestasi dan pelatih.

Terakhir, penghargaan diberikan kepada Bupati Sampang sebagai tokoh peduli budaya, dan penghargaan dari Kementrian Perdagangan, serta dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Bupati mengungkapkan, program strategis kepemimpinannya bersama Wakil Bupati H Abdullah Hidayat berkomitmen terus membangun Sampang melalui program kerja yang membawa dampak positif. Kendati begitu, butuh dukungan dan sinergi seluruh pihak dalam mewujudkan dan merealisasikan program pembangunan.

“Pembangunan alun-alun ini salah satu bagian realisasi pemerintah daerah tahun 2022, selain itu ada juga pembangunan jalan lingkar selatan (JLS) sebagai perluasan kawasan perkotaan,” paparnya.

“Pembangunan betonisasi jalan poros kabupaten, pembangunan Sampang Spot Centre (SSC), dan pembangunan Gedung Perpusatakaan dan Kearsipan (Perpusda),” imbuhnya.

Malam resepsi hari jadi tersebut dihadiri Perwakilan Bupati se Madura, Wakil Bupati Sampang H Abdullah Hidayat, Forkopimda Sampang bersama istri, Sekertaris Daerah Yuliadi Setiyawan, Ketua TP PKK Hj Mimin Slamet Junaidi, Wakil Ketua TP PKK Hj Vanny Abdullah Hidayat, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sampang Hj Enny Yuliadi Setiyawan. (Ryn/Zainol)

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article