24.2 C
Madura
Minggu, Mei 19, 2024

Peringati Sumpah Pemuda, Bupati dan Rektor se Madura Ikuti Acara Kemah Kebangsaan

Must read

- Advertisement -
Redaksi
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2022, Forum Pegiat Moderasi Beragama Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar Kemah Kebangsaan di Wisata Puncak Ratu, Kecamatan Pegantenan, Kamis (27/10/2022) malam.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari secara maraton pada tanggal 27-28 Oktober,” kata salah satu panitia pelaksana Kemah Kebangsaan, Moh Faridi kepada mediamadura.com, Kamis malam.

Faridi mengatakan, acara Kemah Kebangsaan kali ini mengusung tema “Kemah Kebangsaan dalam Peningkatan Moderasi Beragama di Madura“. Yang dikemas ngopi bareng bupati se Madura dan rektor se Madura.

“Selain bupati dan rektor se Madura, pesertanya juga dari Komunitas Moderasi Beragama se Madura,” ungkap pri yang juga Ketua Rumah Moderasi Beragama (RMB) IAIN Madura itu.

Menurut Faridi, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai poin-poin pokok dari moderasi beragama, yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan ramah terhadap tradisi dan budaya lokal.

“Kemah bersama lintas komunitas membangun kemitraan untuk komitmen kebangsaan,” tutur Dosen IAIN Madura tersebut.

Faridi menambahkan, intoleransi beragama masih kerap terjadi di Indonesia, tak terkecuali di Pulau Garam, sehingga masalah intolerasi harus disikapi serius. Caranya dengan menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan.

Diyakini, nilai-nilai kebangsaan yang tertanam akan melahirkan cara pandang yang lebih luas terkait dengan perbedaan maupun pemikiran, sehingga akan memunculkan komitmen universal dalam membangun, mengayomi, dan menjaga persaudaraan sebagai sebuah bangsa dan negara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Zainol/Arif)

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article