Minggu, Agustus 14, 2022

Dinas Pertanian Sampang Salurkan 57 Unit Alsintan

Must read

Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Sampang, (Media Madura) – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan-KP) Kabupaten Sampang menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani yang tersebar di 14 Kecamatan se Kabupaten Sampang.

“Jumlahnya mencapai 57 unit Alsintan jenis hendtraktor dan kultivator,” ucap Kabid Ketahanan Pangan dan Hortikultura (KPH) Dispertan-KP Sampang Nurdin, Rabu (29/6/2022).

Dia menerangkan, realisasi penyaluran alat pertanian itu dilakukan dalam pekan ini kepada 57 kelompok tani (Poktan) yang telah mengajukan permohonan bantuan ke pemerintah daerah.

Anggaran pembelanjaan Alsintan bersumber dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 dengan pagu total Rp 1,4 miliar.

“Alsintan masih berada di halaman kantor Dispertan-KP, tinggal diambil dan nanti kita realisasikan,” terangnya.

Nurdin mengatakan, 57 Alsintan terdiri dari 50 unit hendtraktor dianggarkan Rp 1,2 miliar dan 7 unit kultivator dianggarkan Rp 120 juta. Pembagian alat tersebut sesuai dengan nama-nama kelompok tani yang tercantum dalam dokumen pelaksana anggaran (DPA).

Pihaknya memastikan pengambilan alat mesin bantuan tersebut tanpa dipungut biaya sepersen pun.

“Tidak ada biaya apapun, hanya ongkos untuk orang yang menaikkan alat mesin ke kendaraan angkutnya, kalau dinaikkan sendiri oleh penerima tidak ada biaya,” tandasnya. (Ryn/Zainol)

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article