Jumat, Desember 2, 2022

Kembangkan SDM dan Pendidikan, AJP dengan Unira Sepakat Teken MoU

Must read

- Advertisement -
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Guna mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan pendidikan, Aliansi Jurnalis Pamekasan (AJP) dengan kampus Universitas Madura (Unira) sepakat menjalin kerja sama.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU). Yang ditandatangani langsung Ketua AJP, Miftahul Arifin dan Rektor Unira, Dr. Faisal Estu Yulianto, Selasa (17/5/2022).

Penandatangan MoU berlangsung di ruang Pusat Data dan Informasi (Pusdatik) Unira, disaksikan sejumlah pengurus dan pembina AJP serta jajaran pejabat penting Unira.

Ketua AJP, Miftahul Arifin mengungkapkan, kerja sama ini merupakan program kerja organisasinya dalam upaya pengembangan SDM dan pendidikan. Mengingat, jurnalis sebagai salah satu pilar demokrasi merasa memiliki tanggung jawab untuk mendukung program pendidikan, termasuk di Unira.

“Harapannya, kerja sama ini bisa turut mendukung program Unira. Perlu kami sampaikan, bahwa AJP memiliki 8 magister, empat orang di bidang ilmu komunikasi sesuai dengan background jurnalis, dan empat orang lainnya di bidang pendidikan,” terangnya.

Menurutnya, delapan SDM dari internal AJP harus dimaksimalkan dengan baik untuk mendorong program pengembangan SDM di perguruan tinggi tersebut. Bahkan, sebagian anggota AJP lainnya saat ini sedang menyelesaikan program magister di sejumlah perguruan tinggi.

“Kami juga berharap, SDM kami bisa bermanfaat untuk Unira, baik di bidang akademik maupun non akademik. Misalnya di bidang akademik dengan mengisi pelatihan atau kuliah tamu, sementara non akademik kami siap bersinergi untuk ikut serta mempublikasikan program Unira,” tandasnya.

Pria yang akrab disapa Mas Ipin ini tidak menampik jika Unira telah banyak berkontribusi di tengah-tengah masyarakat. Termasuk dalam pengembangan perekonomian dengan melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Program seperti ini juga bisa melibatkan kami untuk mempublikasikan kepada masyarakat. Harapan kami, MoU ini bisa berjalan maksimal,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Madura, Dr. Faisal Estu Yulianto, MT., menyambut baik adanya kerja sama tersebut dengan SDM AJP yang tidak diragukan lagi. Apalagi, revolusi industri ini akan menjadi tantangan yang harus diimbangi oleh SDM yang mumpuni.

“Harapan kami dengan adanya kolaborasi ini bisa mendukung pengembangan akademik Unira. Di lembaga kami ada fakultas pendidikan dan juga ada lembaga pers mahasiswa yang tentunya juga perlu pembinaan. Setelah MoU ini kami akan rancang program kerja ke depannya,” pungkasnya. (Zainol/Arif)

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article