Minggu, Juni 26, 2022

Sopir dan Kernet Bus di Sampang Jalani Tes Urine

Must read

Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Sampang, (Media Madura) – Puluhan sopir bus dan kernet di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menjalani tes urine di terminal Sampang, Jumat (24/12/2021) kemarin.

Hal itu dilakukan guna memastikan pengemudi bebas dari penyalahgunaan narkoba dan penggunaan alkohol. Dari hasil pemeriksaan ini seluruh sopir dan kernet bus dinyatakan negatif.

“Upaya ini sekaligus untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang saat bepergian menggunakan angkutan massal,” ucap Kasat Resnarkoba Polres Sampang AKP Andri Setya Putra saat memimpin pelaksanaan tes urine.

Pantauan dilapangan, seluruh kendaraan bus dari berbagai jurusan yang melintas di Sampang diarahkan petugas untuk masuk ke terminal. Setelah itu, sopir dan kernet digiring ke tempat pengecekan urine.

Andri mengatakan, tes urine tersebut bagian dari pengamanan natal 2021 dan tahun baru 2022. Serta untuk upaya antisipasi adanya pengemudi yang menyalahgunakan narkoba. Sebab, narkoba dan alkohol sangat membahayakan penggunanya apalagi saat berkendara.

“Kami ingin pastikan bahwa pengemudi dan kernet bus benar-benar sehat jasmani dan rohani serta tidak terpengaruh oleh narkoba atau mengandung zat adiktif lainnya bahkan minuman keras,” jelasnya.

Menurut dia, kegiatan tes urine di terminal tersebut dilaksanakan setentak di seluruh jajaran Polda Jatim untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan sopir yang menggunakan barang berbahaya seperti narkoba.

Ia menegaskan, jika sopir dan kernet bus kedapatan menggunakan obat terlarang maka petugas akan memproses sesuai hukum berlaku.

“Tapi alhamdulillah, tidak ada satupun sopir kernet dan kondektur bus yang terindikasi mengonsumi obat maupun miras,” kata Andri. (Ryan/Zainol)

- Advertisement -

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest article