Tekad Akademisi se-Madura Tingkatkan Mutu Pendidikan

Pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura saat rapat kerja di Gedung B Poltera Sampang, Kamis (2/12/2021) siang. (Ryan/MM).
Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Sebanyak 46 pimpinan akademisi di empat kabupaten di Pulau Madura menggelar rapat kerja di Gedung B Politeknik Negeri Madura (Poltera) Jalan Raya Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Kamis (2/12/2021) siang.

Pertemuan itu dikemas dalam Forum Pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura baik Swasta dan Negeri. Diantaranya, Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.Si, Direktur Poltera Dr. Arman Jaya, S.T., M.T., Rektor IAIN Madura Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag, serta Rektor Universitas Madura (Unira) Dr. Faisal Estu Yulianto, MT.

Ketua Forum Pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura Dr Muh Syarif sekaligus sebagai Rektor UTM Bangkalan mengatakan, bahwa hasil pertemuan tersebut pertama berkaitan dengan program Kementerian yakni Kampus Merdeka.

“Melalui forum ini pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura menyatukan persepsi demi kemajuan pendidikan maupun budaya di Pulau Madura,” ucapnya kepada wartawan di Sampang.

Kedua, kegiatan riset dan pengabdian masyarakat akan difokuskan eksplorasi potensi Pulau Madura. Disini untuk saling mengembangkan satu kelembagaan dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran yang meliputi pengembangan jaminan mutu dan satuan pengawas internal.

“Termasuk kegiatan lain yang meningkatkan kualitas baik lulusan, dosen, dan kurikulum,” kata Syarif.

Ketiga, seluruh pimpinan Perguruan Tinggi di Madura berkomitmen meningkatkan jaminan mutu pendidikan. Kemudian, dirinya ingin empat pemerintahan di Madura bisa memanfaatkan dan memaksimalkan keberadaan kampus yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Baik dari sisi kepentingan pengembangan daerah, pengembangan SDM, maupun pengembangan Madura kedepan,” ujarnya.

Menurut Syarif, banyak akademisi di Madura yang sudah mumpuni baik dari kemampuan dan keahliannya sehingga sangat selaras jika dalam kegiatan riset dilibatkan.

“Kami fokus melakukan riset Garam, Jagung, Tembakau, Sapi ataupun keris, kita sepakat berkumpul bersama menyatukan persepsi untuk kemajuan Madura,mengingat potensi Madura sangat luar biasa,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Poltera Sampang Dr Arman Jaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura yang telah hadir dalam forum rapat kerja.

Menurutnya, pertemuan ini sangat penting karena selain mempererat tali silaturahmi antar pimpinan kampus juga menyongsong kemajuan Pulau Madura melalui sektor pendidikan.

“Kami selaku tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada seluruh pimpinan perguruan tinggi di Pulau Garam, semoga kekompakan ini selalu terjaga dengan semangat membangun Madura,” singkatnya.(Ryan/Arif)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here