Senin, November 29, 2021
- Advertisement -
PendidikanMelihat Program Sambang Sekolah Compok Literasi

Melihat Program Sambang Sekolah Compok Literasi

Pamekasan, (Media Madura) – Komunitas Compok Literasi mengadakan Festival dan Pameran Bakat siswa di MI Nururul Faizin Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan. Minggu (21/11/2021) kemarin.

Kegiatan ini menjadi rangkaian terakhir episode Sambang Sekolah batch 2. Hadir dalam kegiatan tersebut pihak yayasan, dewan guru, dan wali murid, mitra kolaborasi program Sambang Sekolah batch 2 yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan.

Koordinator sambang sekolah, Maulida Yuniatin Zahroh menyampaikan, kegiatan Sambang Sekolah ini ditujukan untuk mendukung program Merdeka Belajar yang diserukan oleh Kemdikbud RI, dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan serta edukatif yang lebih menekankan pada lifeskill yang pada kesempatan tahun ini di laksanakan di MI Nurul Faizin – Bangkes, Kecamatan Kadur.

“Sebelumnya laporan dari sekolah, minat serta semangat belajar mereka menurun apalagi pasca Pandemi. Namun setelah kami hadir disini, kami merasakan perubahan yang cukup signifikan. Bahkan anak-anak selalu menunggu kehadiran kami.” Jelas Maulida.

Dikatakan, sebelumnya para siswa disuruh memilih bakat apa yang ingin ditampilkan pada kegiatan terkahir ini, tanpa ada paksaan dari teman-teman relawan.

“Dan hari ini mereka maju dengan penampilan tarian, pembacaan puisi, mengaji, shalawat bahkan berdrama. Penampilan mereka luar biasa. Ini bukti bahwa anak-anak memiliki bakat dan kreativitasnya masing-masing,” lanjut Maulida.

Founder Compok Literasi, M. Arinal Haqil Ghifari menambahkan, kemampuan yang dimiliki siswa berbeda-beda. Sehingga penekanan pada rangkaian kegiatan Sambang Sekolah tidak hanya pada materi pembelajaran.

“Tolong jangan sampai berkata bahwa anak kita bodoh hanya karena tidak bisa mengerjakan soal matematika, bahasa Indonesia. Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda, bisa jadi anak kita bakatnya mengambar atau menyanyi. Arahkan dan fasilitasi mereka” ucap Arinal dalam sambutannya.

Sambang Sekolah merupakan salah satu kegiatan dari Compok Literasi, dimana tahun ini program ini didukung oleh Indorelawan melalui program #temaliProject. Kegiatan Sambang Sekolah ini berlangsung selama 3 bulan dengan 6 kali pertemuan. Setiap episode sambang sekolah  didasarkan pada kurikulum mandiri Compok Literasi yang berbasis problem solving.(Ghi/Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Space Available | Kontak Kami

Pilihan Redaksi

- Advertisement -

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme