Sampang Bakal Punya Gedung Perpustakaan 4 Lantai

Advertisement

Sampang, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menganggarkan dana sebesar Rp 10 miliar untuk pembangunan gedung perpustakaan baru. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Sampang Sudarmanto menyatakan, rencananya lokasi gedung baru perpustakaan itu akan ditempatkan di sebelah selatan Monumen Trunojoyo Sampang. Sedangkan luas bangunan gedung sekitar 4 hektare dan 4 lantai.

“Pembangunan gedung akan terealisasi tahun 2022 dan nanti fokus pada gedungnya saja, sumber anggaran dari DAK Perpus Nasional (Perpusnas),” ucap Sudarmanto, Sabtu (13/11/2021).

Ia mengatakan, adapun untuk gedung yang lama fokus pada bagian kearsipan. Sedangkan gedung baru khusus untuk perpustakaan yang dipusatkan di titik jantung kota.

“Sangat strategis lokasinya ada di pusat kota, serta lahan gedungnya milik pemerintah daerah,” ujarnya.

Sudarmanto menjelaskan, fasilitas gedung perpustakaan baru itu dilengkapi dengan ruang baca, rumah pintar, ruang literasi, dan laboratorium bahasa. Untuk buku bacaan akan dianggarkan lain oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sampang.

“Iya, anggaran Rp 10 miliar ini untuk fisiknya saja, kalau buku dari pemerintah pusat juga nanti,” terangnya. (Ryan/Zainol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here