Senin, Desember 6, 2021
- Advertisement -
PeristiwaMusim Hujan, Pemkab Pamekasan Petakan Daerah Rawan Bencana

Musim Hujan, Pemkab Pamekasan Petakan Daerah Rawan Bencana

Pamekasan (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daeran (BPBD) setempat memetakan daerah rawan bencana saat musim penghujan.

Supervisor Pusat Pengendalian Oprasi (Pusdalop) BPBD Pamekasan Budi Cahyono mengatakan, beberapa daerah yang masuk peta rawan bencana angin kencang atau puting beliung adalah Kecamatan Pegantenan, Palengaan, Proppo, Pakong, dan Kecamatan Pademawu.

“Daerah tersebut dianggap rawan bencana. Mulai dari bencana longsor, angin kencang hingga puting beliung, dan juga banjir, tapi di daerah lain yang tidak disebut agar siaga juga,” katanya, Jumat (05/11/2021).

Lebih rinci, Budi menjelaskan, seperti Kecamatan Waru, Pasean, dan Kecamatan Pakong rawan longsor, sedangkan untuk kecamatan yang rawan banjir meliputi, Kecamatan Pamekasan dan Pademawu.

“Mulai sekarang warga agar berhati-hati dan bersiap selama musim penghujan saat ini, karena berdasarkan prakiraan BMKG cuaca buruk berpotensi pada musim pancaroba, mulai dari angin kencang, puting beliung, banjir dan juga longsor,” tambahnya.

Saat ini, Pemkab Pamekasan sudah membentuk tim yang terdiri dari tiga instansi, mulai dari instansi di lingkungan Pemkab sendiri hingga Tentara Negara Indonesia (TNI) juga Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang diberi nama Tim Siaga Bencana.

“Nanti tim ini akan melakukan pemantauan, pendidikan, dan memberi bantuan penanganan terhadap korban serta antisipasi dini untuk mengurangi resiko bencana yang tersebar di 13 Kecamatan,” tutup Budi. (Ahmad Rifqi/Zainol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Space Available | Kontak Kami

Pilihan Redaksi

- Advertisement -

Latest article

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme