Selasa, Desember 6, 2022

Petani di Pamekasan Ini Siap Ekspor Melon

Must read

- Advertisement -
Redaksihttps://mediamadura.com
Media online yang menyajikan informasi seputar Madura. Bernaung dibawah PT Media Madura Group.

Pamekasan, (Media Madura) – Tidak banyak yang tahu petani di Desa Tlontojara, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mempunyai komoditas pertanian berupa melon yang sudah bisa diekspor.

Para petani di desa ini sudah sejak 2 tahun terakhir menanam melon dan hasilnya sangat bagus. Melon yang ditanam jenisnya yakni action dan red aroma (RA).

Hasil pertanian melon di desa ini sudah biasa dipasok ke sejumlah perusahan di dalam negeri, bahkan kini sudah bersiap untuk melakukan ekspor.

Kepala Desa Tlontoraja Syaiful Bahri mengatakan, saat ini ada 7 hektar lahan yang ditanami melon di desanya, dalam 1 hektarnya bisa menghasilkan sekitar 15 ton melon. Panen bisa dalam kurun waktu 70 hari.

“Jadi sementara masih ada 7 hektar yang kita kelola, tetapi ada tambahan 3 hektar yang kita kerja sama dengan Kadin Pamekasan,” katanya.

Dikatakan, saat ini hasil panen dari seluruh petani telah dikelola oleh BUMDes Tlontoraja demi terus mendorong kualitas dan juga memudahkan pemasarannya. Pihaknya juga telah bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pamekasan guna terus meningkatkan kualitas dan juga melebarkan pemasaran, tidak hanya pasar dalam negeri tetapi juga luar negeri.

Kadin bersama Bumdes Tlonto Rajeh hari ini membuat sebuah Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU).
Penanda tangannan nota kesepahaman tersebut berlangsung di lahan pertanian desa setempat.

Ketua Umum Kadin Pamekasan, Harisandi Savari mengatakan ini merupakan MoU pertama yang dibuat Kadin Pamekasan dengan BUMDes.

“Kami akan terus bergerak dan bisa saja melakukan sejumlah MoU dengan BUMdes lainnya di Kabupaten Pamekasan,” katanya.

Dikatakan, tujuannya adalah untuk   mendorong pertumbuhan ekonomi di Pamekasan secara merata,  tidak hanya berpusat di perkotaan tetapi juga di seluruh desa.

Haris sapaan akrabnya juga menguraikan, Kadin Pamekasan mempunyai rumah kurasi dalam membantu tumbuh dan berkembangnya produk UMKM.

“Rumah kurasi kami ini nanti yang akan terus melakukan pendampingan, tidak hanya soal pemasaran tetapi juga soal kualitas hasil produksinya,” paparnya.

Diharapkan akan banyak BUMDes lainnya yang nantinya juga bisa mengenbangkan usaha dari berbagai sektor sehingga roda perekonomian di Kabupaten Pamekasan berputar dengan cepat dan daya beli masyarakat meningkat.(Arf/Ist)

- Advertisement -
spot_imgspot_img

More articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest article