Alasan Disporabudpar Tak Perbaiki Wisata Pantai Lon Malang Rusak Pasca Bencana

Pekerja saat memperbaiki fasilitas wisata Pantai Lon Malang di Sokobanah, Kabupaten Sampang, akibat bencana alam. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Kerusakan fasilitas wisata Pantai Lon Malang di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, akibat diterjang ombak tinggi, Jumat (5/3/2021).

Perbaikan dilakukan secara swadaya oleh pihak pengelola. Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sampang mempunyai alasan tersendiri tidak memperbaiki obyek wisata tersebut.

Plt Kepala Disporabudpar Sampang Marnilem menuturkan, pemerintah daerah tidak bisa memberikan bantuan perbaikan karena Pantai Lon Malang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Maka itu segala bentuk perbaikan menjadikan tanggungjawab penuh pengelola, tapi kami sudah menerima laporan bahwa Lon Malang rusak karena banjir bandang,” ucap Marnilem.

Mantan Camat Jrengik itu menjelaskan, instansinya tidak menganggarkan tanggap darurat perbaikan tempat wisata. Jika itu pun dianggarkan harus diajukan terlebih dahulu.

“Jadi tidak bisa memberikan bantuan pasca bencana,” kata Marnilem.

Dia menambahkan, pengelolaan wisata Lon Malang dikelola BUMDes sehingga segala pendapatan masuk ke pemerintahan desa.

“Anggaran perbaikan sebenarnya bisa dikelola yaitu dari uang tiket masuk,” pungkasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.