Usaha Desa di Pamekasan ini Hasilkan Rp 626 Juta per Tahun

Pamekasan, (Media Madura) – Salah-satu desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yakni Desa Rekkerrek, Kecamatan Palengaan berhasil melakukan inovasi dengan menjalankan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Berbagai usaha dijalankan. Bahkan laba dari semua unit usaha yang dijalankan menghasilkan dana hingga mencapai Rp 628.000.000 per tahun.

BUMDesa desa tersebut bernama “Sejahtera”. Didirikan sejak tahun 2018. Bergerak di bidang usaha persewaan alat berat (beko), dumtruck serta pom mini.

Kepala Desa Rekkerek Fadil mengatakan, usaha yang dijalankan tersebut dilaksanakan dalam rangka memanfaatkan potensi desa.

“Laba BUMDes Sejahtera tahun 2020 mencapai Rp 628.000.000 dari semua bidang usaha. Dari laba tersebut diberikan ke PAD sebesar Rp 362.000.000,” katanya.

Dikatakan, pemerintah desa telah mengalokasikan dana desa sebagai penyertaan modal sebesar Rp 1.740.000 selama 3 tahun untuk mendorong BUMDes terus berkembang.

“Kegitan usaha kami ini diharapkan mampu menambah PAD dan peningkatan ekonomi masyarakat. PAD dari BUMDes ini akan dialokasikan sebagai bantuan sosial diantaranya bantuan pada anak yatim, para janda tua, para jompo, difabel dan beasiswa bagi anak yang berprestasi,” tegasnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli pendamping Desa se Kecamatan Palengaan Abd Wasi sangat mengapresiasi prestasi yang dicapai oleh Desa Rekkerek tersebut.

“Ini adalah prestasi yang luar biasa dari sebuah BUMDes, karena hanya dalam kurun waktu 1 tahun sudah memperoleh laba sebesar itu,” katanya.

Diharapkan, eksistensi BUMDes Sejahtera ini bisa menjadi contoh bagi BUMDes lain di Kabupaten Pamekasan.

Sebelumnya, dalam berbagai kesempatan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, terus memberikan dorongan agar pemerintah desa melakukan inovasi untuk memajukan desanya, tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur saja, tetapi termasuk dalam memajukan BUMDes.

Reporter : Arif
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.