Dilantik Ketua KONI, Abd Wasik Ditantang Bupati Sampang

Penyerahan pataka dari Bupati Sampang H Slamet Junaidi kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Sampang terpilih Abd Wasik dalam prosesi pelantikan pengurus, Senin (18/1/2021) siang. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sampang periode 2020-2024 resmi dilantik di Pendopo Trunojoyo Jalan Wijaya Kusuma, Senin (18/1/2021) siang.

Prosesi pelantikan ditandai dengan penyerahan pataka oleh Bupati Sampang H Slamet Junaidi mewakili KONI Jawa Timur kepada Ketua Umum KONI Kabupaten Sampang terpilih Abd Wasik.

Bupati Sampang dalam sambutannya mengatakan, KONI sebagai induk pembina olahraga di Sampang dapat meningkatkan kualitas pembinaan berbagai cabang keolahragaan dalam memacu prestasi untuk melahirkan atlet-atlet profesional.

Serta dapat berkontribusi melalui ajang tingkat provinsi maupun nasional untuk membawa kemajuan dalam mewujudkan visi misi pemerintah daerah.

“Selamat kepada para pengurus KONI Sampang yang baru mudah-mudahan kepengurusan ini bisa melanjutkan kiprah positif dengan tugas dan tanggung jawab yang baik dan terus bersinergi dengan pemerintahan sesuai RPJMD Sampang tahun 2019-2024,” ucap Slamet Junaidi usai pembacaan janji pelantikan kepengurusan KONI Kabupaten Sampang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sampang Slamet Junaidi dengan tegas meminta Abd Wasik sebagai Ketua KONI terpilih harus mempunyai banyak terobosan dan inovasi untuk mengembangkan cabor-cabor baru.

“Harus bisa menganyomi seluruh cabor dan jangan sampai ada cabor yang dianaktirikan semua harus komunikasi dan saling bersinergi demi capaian target yang direncanakan,” tuturnya.

“Kedepan kalau KONI tidak punya prestasi berarti ketuanya ingin sudah pasti, saya tidak mau menyalahkan pengurusnya karena diibaratkan kendaraan ketua adalah sopir dan pengurus itu penumpang,” singgung bupati mengundang gelak tawa pengurus dan tamu undangan lainnya.

Dirinya berharap Ketua KONI bisa menyampaikan laporan hasil kinerja secara nyata dari tahun ke tahun namun bukan sebagai bentuk wacana dan rencana.

Menyikapi itu, Ketua KONI Sampang terpilih Abd Wasik mengaku siap menjalankan tugas amanah dan tanggung jawabnya sebagai ketua lembaga otoritas keolahragaan di Sampang. Mengingat ada lima inovasi yang disusun secara konsisten untuk mencapai target kinerja selama 4 tahun mendatang.

Pertama, menjalin kemitraan kerjasama dengan dunia lembaga pendidikan dan perguruan tinggi serta asosiasi kepala desa (AKD) tentang pembinaan prestasi olahraga.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini untuk meningkatkan atlet, penggunaan fasilitas olahraga, dan pemberian reward bagi atlet berprestasi,” ungkapnya.

Kedua, lanjut Wasik, menjadikan dunia usaha baik perbank kan, BUMD, dan perorangan sebagai orangtua asuh cabang olahraga yang diproyeksi meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

Ketiga, pemetaan potensi cabang olahraga anggota KONI Sampang. Keempat, KONI Sampang hanya akan mengirimkan juara bukan peserta. Terakhir, kelima yakni penandatanganan kontrak kinerja antara KONI dengan anggotanya.

“Dengan lima inovasi inilah kami menargetkan Kabupaten Sampang berada pada posisi 20 besar pada Porprov Jatim 2022, mohon dukungan dan arahan dari bupati dan semua pihak,” tandasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.