Sungai Meluap, Kota Pamekasan Dikepung Banjir

Foto : Grup WA Pamekasan Hebat - Wahyudi

Pamekasan, (Media Madura) – Akibat hujan deras yang berlangsung cukup lama mulai sore hingga dini hari membuat sejumlah sungai yakni Kali Klowang, Kali Jombang dan Kali Semajid yang membentang di tengah kota meluap dan membuat ribuan rumah warga, di lima kelurahan dan tiga di desa di Kecamatan Kota dan Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Madura, terendam banjir. Sabtu (19/12/2020).

Lima kelurahan yang terendam di antaranya Kelurahan Gladak Anyar, Kelurahan Jungcangcang, Kelurahan Parteker, Kelurahan Patemon dan Kelurahan Barurambat Kota, Kecamatan Kota Pamekasan.

Sedang tiga desa yang terendam yakni Desa Laden, Desa Jalmak, Kecamatan Kota dan Desa Lemper, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, semalam turun langsung ke sejumlah titik dan memastikan warganya dalam kondisi aman dan juga memberikan bantuan makanan yang didistribusikan melalui BPBD.

Selain itu, sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir ini dievakuasi ke tempat yang aman dengan menggunakan perahu karet.

“Seluruh relawan tanggap bencana bersama-sama, bergotong-royong dan saya memantau langsung sejumlah titik, mulai Keluruhan Patemon, Gladak Anyar, Sinhaji, Jungcangcang dan di beberapa titik sudah kita evakuasi,” katanya saat ditemui di lokasi banjir. Jumat (18/12/2020) malam.

Selain itu pihaknya terus melakukan upaya-upaya agar warganya selamat dan setelah itu menyusun rencana untuk memulihkan situasi sambil menunggu air surut.

Pagi ini air di sejumlah titik sudah mulai surut, tetapi di sejumlah titik yang rendah air masih tergenang dan warga masih membutuhkan bantuan makanan.

Sejumlah relawan baik dari instansi pemerintah maupun organisasi sosial kemasyarakatan terus bergerak menembus rumah-rumah warga yang paling terdampak banjir ini untuk memberikan bantuan makanan.

Selain itu di beberapa ruas jalan raya masih belum surut dan belum bisa dilalui, seperti di jalan Trunojoyo depan eks PJKA dan juga di sepanjang jalan R Abd Azis.

Bahkan pagi ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga meninjau langsung kondisi banjir yang terjadi di kota Pamekasan tersebut.

Reporter : Arif
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.