Warga Positif Corona Masih Bisa Nyoblos, Begini Caranya

Komisioner KPU Sumenep Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Rafiqi Tanzil
Advertisement

Sumenep, (Media Madura) – Salah satu yang berbeda dari gelaran Pilkada Serentak 2020 adalah adanya protokol kesehatan ketat yang bakal diterapkan di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bahkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mewajibkan seluruh elemen penyelenggara, mulai dari KPPS, PPS serta PPK untuk melakukan rapid test Covid-19 demi mencegah klaster Pilkada.

Namun demikian, bagi calon pemilih yang saat ini atau pada saat 9 Desember nanti masih ditetapkan sebagai pasien positif corona, tetap bisa menggunakan hak pilihnya secara langsung.

Sebagaimana disampaikan Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil. Ia memastikan, pasien positif covid-19 tidak otomatis menghilangkan hak pilihnya.

“Pasien positif tetap punya hak untuk memilih, khusus pasien positif Covid-19 nantinya setiap TPS akan ada petugas khusus dengan menggunakan APD lengkap,” ujar Rafiqi Tanzil.

Sementara bagi pasien yang dirawat di rumah sakit hingga tanggal 9 Desember nanti, maka akan berhak memberikan suaranya dengan syarat harus mengisi Form A5 yang telah disediakan KPU setempat.

“Jadi bisa memilih di TPS terdekat. Form A5 ini adalah pindah pilih,” sambungnya.

Berdasarkan informasi dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep, hingga saat ini ini pasien positif Covid-19 berjumlah 736 pasien. Dengan rincian, 667 orang dinyatakan sembuh, sementara 67 lainnya tengah dirawat.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.