1 Siswa Positif Covid-19, SMAN 1 Pamekasan Lakukan 3T

Rapid test dilakukan secara bergantian di SMAN 1 Pamekasan, Kamis (26/11/2020).

Pamekasan, (Media Madura) – Strategi 3T dilakukan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pamekasan, Madura, Jawa Timur, pasca salah satu siswanya terpapar Covid-19.

3T tersebut adalah pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment).

Kepala Bidan P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, dr. Nanang Suyanto mengatakan, penerapan praktik 3T dilakukan untuk memutus rantai penularan Covid-19 di lembaga pendidikan tersebut.

“Terhitung 24 November 2020, memang siswa inisial Z ini terkonfirmasi Covid-19,” katanya kepada media di Pamekasan, Kamis (26/11/2020).

Dalam praktik tracingnya, petugas menyiapkan fasilitas kesehatan. Seluruh siswa dan guru diarahkan untuk melakukan rapid test. Utamanya, kepada yang melakukan kontak langsung dengan siswa yang positif Covid-19.

“Dari data 76 orang yang akan rapid test, hanya ada 67 orang yang bersedia dites,” ungkap dr. Nanang.

Setelah dilakukan rapid test, pihaknya menemukan tiga siswa yang hasilnya reaktif. Pihaknya kemudian menyarankan agar ketiga siswa tersebut melakukan isolasi mandiri.

“Tiga siswa yang reaktif harus isolasi mandiri selama 14 hari. Namun, jika ada gejala maka pihak puskesmas setempat akan melakukan tes swab pada yang bersangkutan,” tegasnya.

Kepala SMAN 1 Pamekasan, Muhammad Arifin mengklaim jika lembaganya telah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 3M dengan ketat. Sehingga, diyakini siswa yang terpapar Covid-19 itu bukan tertular dari dalam lembaganya.

“Kami telah melakukan prosedur sesuai prokes. Mulai dari cek suhu di pintu masuk, sterilisasi siswa dan jaga jarak dengan shift, desinfeksi kelas, bahkan wajib bermasker dalam KBM dan aktivitas,” ucapnya.

Bahkan, menurutnya, setelah mengetahui ada siswanya positif Covid-19, dilakukan penyemprotan disenfektan ke seluruh sudut dan ruangan sekolah oleh tim satgas sekolah sebagai langkah pencegahannya.

“Alhamdulilah, kami juga dibantu Dinkes dan relawan FRPB setempat,” pungkasnya.

Reporter: Atik
Editor: Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.