Polres Sampang Amankan 51 Gram Sabu dari Tangan 10 Tersangka

Waka Polres Sampang Kompol Rizky Tri Putra didampingi Kasat Narkoba AKP Harjanto Mukti Eko Utomo dan sejumlah Kapolsek menunjukkan barang bukti sabu, Senin (2/11/2020) siang. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Polisi berhasil menyita 51,29 gram narkoba jenis sabu dari 10 tersangka kasus penyalahgunaan narkotika. Para tersangka itu rata-rata berperan sebagai pengedar dan pengguna sabu.

Waka Polres Sampang Kompol Rizky Tri Putra E.A.W mengatakan, penangkapan ini bermula dari laporan masyarakat yang resah terkait peredaran narkoba di wilayah hukum Sampang. Dari laporan tersebut polisi bergerak cepat menangkap para tersangka dari tempat dan waktu berbeda.

“Total yang kita amankan hampir 51 gram lebih dari tangan 10 tersangka ini,” ucap Rizky dalam jumpa persnya didampingi Kasat Narkoba AKP Harjanto Mukti Eko Utomo, Senin (2/11/2020) siang.

Seluruh barang bukti narkoba diamankan petugas dari penangkapan beberapa tersangka, meliputi sembilan pengedar dan satu orang pemakai narkoba.

Rizky menuturkan, barang bukti sabu terbanyak didapatkan dari tangan pengedar berinisial F binti R (33) warga Dusun Lon Nangkek, Desa Sokobanah Daya, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang. Tersangka F diamankan pada Jumat (23/10/2020) lalu sekitar pukul 15.30 WIB.

“Barang bukti seberat 20,58 gram sabu didapat dari pelaku inisial F,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Waka Polres Sampang, dari tangan pelaku inisial H bin S, dan D bin M, polisi berhasil menyita seberat 15,52 gram sabu.

Kedua pengedar asal warga Kecamatan Sokobanah, ini ditangkap disebuah rumah di Desa Panyerangan, Kecamatan Pangarengan, pada Selasa (20/10/2020) malam.

“Lalu ada tersangka inisial H bin M (43) warga Dusun Mondis Daya, Desa Sokobanah Tengah, Kecamatan Sokobanah dengan barang bukti 13,45 gram atau 28 poket sabu siap edar, tersangka H diamankan di rumahnya Sabtu (3/10/2020) siang,” jelasnya.

Sedangkan, pelaku lain yang diamankan Satres Narkoba Polres Sampang yakni Fahrus Salam bin Moh Zhaenal (26) warga Jalan Mutiara, Kota Sampang dengan barang bukti 0,71 gram sabu.

Samsuri bin H. Tasid (39) warga Desa Dulang, Kecamatan Torjun, diamankan karena kedapatan menyimpan sabu seberat 0,33 gram.

Imam Tabroni bin Mansyur (24) dan Muhammad Sa’d bin Dulhari (38), kedua warga Dusun Bansokah, Desa Baruh, Kota Sampang, itu menyimpan sabu seberat 0,22 gram.

Polisi juga mengamankan Dasuki bin Mohammad (47) warga Desa Pakalongan, Kota Sampang, karena menyimpan barang haram sabu seberat 0,32 gram

“Terakhir tersangka Mukram bin Lastari (37), warga Dusun Kopok, Desa Sokobanah Laok, Kecamatan Sokobanah, ini sebagai pemakai yang memiliki sabu 0,70 gram,” ungkapnya.

Waka Polres Sampang menambahkan, pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Mapolres Sampang untuk penyidikan dan proses hukum selanjutnya.

Selain barang bukti sabu polisi menyita uang tunai Rp 1,5 juta dari tangan pelaku, alat hisab Bong, handphone, dan motor milik pelaku yang digunakan untuk mengedarkan sabu.

“Pelaku dijerat hukuman 20 tahun penjara karena melanggar Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 jonto Pasal 132 ayat 1 Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” tandasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.