Perlu Dilirik Industri, Mahasiswa Poltera Sampang Pamerkan 7 Teknologi

Mahasiswa memamerkan teknologi hasil karyanya dengan disiarkan secara virtual di kampus Poltera Sampang Jalan Raya Taddan, Kecamatan Camplong, Rabu (30/9/2020) pukul 13.00 WIB. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Mahasiswa Politeknik Negeri Madura (Poltera) Sampang, Jawa Timur, terus berkembang memamerkan karya inovasi terbaru. Pameran yang digelar bersama industri dunia kerja (IDUKA) itu berlangsung di gedung lantai II Poltera Jalan Raya Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Rabu (30/9/2020) siang.

Beragam produk teknologi dipamerkan secara virtual, mulai dari mesin pemotong tulisan dan karangan bunga dengan bahan styrofoam. Sistem infus pintar terintegrasi dengan sistem android. Desain lampu celup bawah air penarik perhatian ikan untuk kapal.

Beberapa karya lain seperti prototype robot pemotong rumput dengan kontrol android. Mesin pembersih gulma tanaman padi. Perahu pariwisata berbahan dasar Poli Vynil Cloride (PVC). Kemudian, robot lengan pengelas berbasis mikrokontroler.

“Pameran teknologi virtual untuk memperkenalkan produk-produk teknologi Poltera Sampang, tujuh produk teknologi ini hasil tugas akhir mahasiswa,” ucap Direktur Poltera Arman Jaya usai membuka pameran teknologi, Rabu.

Arman mengatakan, kegiatan tersebut bagian program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia agar bisa memberikan informasi kepada industri dan masyarakat tentang hasil karya mahasiswa Poltera. Sehingga diharapkan teknologi ini benar bermanfaat dan dilirik oleh dunia industri untuk dijadikan suatu produk terbaru.

“Tujuannya sangat simple tetapi pengaruhnya luar biasa, apa yang kita hasilkan bisa dilirik dunia industri sehingga terjalin kerjasama antara Poltera dengan industri,” kata Arman.

Menurutnya, karya teknologi yang paling menarik dan perlu dilirik industri ialah mesin pemotong styrofoam untuk karangan bunga dan abjad tulisan. Sebab, hal ini dinilai cukup efisien waktu dan tenaga keterampilan bagi pelaku usaha.

Dirinya menambahkan, digelarnya pameran teknologi virtual karya inovasi mahasiswa Poltera karena kondisi pandemi COVID-19. Sekaligus lebih menjangkau dunia luas hasil karya mahasiswa dan bisa dilihat di seluruh Indonesia.

“Kalau off line jangkauannya tidak terlalu luas, seperti ini akan diliat dunia industri di Jakarta cukup melihat di Youtube atau Zoom, dan alhamdulillah antusiasme peserta sangat tinggi ada 200 orang, semoga kedepan kegiatan ini terus berlanjut dan semakin baik,” pungkasnya.

Reporter : Ryan
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.