DPRD Kabupaten Pamekasan Komitmen Lebih Selektif Pilih Perda

Dok/MM: Kantor DPRD Kabupaten Pamekasan (Foto: Rifqi)

Pamekasan, (Media Madura) – DPRD Kabupaten Pamekasan berjanji akan lebih selektif dalam memilih peraturan daerah (Perda) pada tahun 2021 mendatang. Hal itu diungkapkan, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Pamekasan, Achmad Tatang.

Tatang mengatakan, komitmen tersebut sudah menjadi kesepakatan dalam rapat interen yang digelarnya. Menurutnya, ada tiga agenda yang dibahas, di antaranya, pertama persiapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2021, kedua perkembangan hasil pembahasan pada tingkat pertama pada setiap komisi dan ketiga pengkajian Perda-perda yang ada.

Apalagi menurutnya, banyak Perda yang tidak efektif dan tidak digunakan. Oleh karenanya, Bapemperda berkomitmne lebih selektif dalam menentukan Perda. “Kami dari Bapemperda sepakat bahwa Perda-perda yang akan kita lakukan pengkajian nantinya menyangkut Perda-perda yang tidak efektif dan akan kita lakukan pencabutan melalui draf Raperda yang akan kita ajukan,” katanya.

Bapemperda memang telah memutuskan untuk melakukan persiapan penyusunan Propemperda 2021 lebih awal, agar draf dan semua usulan dari semua komisi dapat dibahas terlebih dahulu secara intern.

Sedangkan target persiapan dijadwalkan paling lambat masuk tanggal 5 Oktober mendatang, namun diharapkan diakhir bulan ini semua sudah masuk.

Adapun, draf Raperda yang sudah masuk ke Bapemperda DPRD Pamekasan, menurut Tatang, terdapat 8 Raperda diantaranya 6 Raperda dari Sekdakab Pamekasan melalui Kabag Hukum dan 2 Raperda dari Komisi I. (ADV).

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.