Proyek Masjid Pemkab Sumenep tak Sesuai Spek, Dewan Rekomendasikan Ini

Komisi III DPRD Sumenep saat melakukan sidak ke proyek masjid di area Pemkab

Sumenep, (Media Madura) – Proyek pembanguan Masjid yang berada di lingkungan Kantor Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur dinilai tak sesuai Rencana Anggara Biaya (RAB).

Hal itu terungkap setelah Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi, Rabu (15/7/2020) kemarin.

Ketua komisi III DPRD Sumenep, H. Dulsiam menjelaskan, pihaknya menemukan beberapa hal yang diduga mengurangi RAB. Sebab, ditemukan kondisi atap berlubang dan kondisi gedung yang diduga tidak sesuai spek.

“Memang pekerjaan masjid ini tidak sesuai dengan harapan kita lah, masjid ini kan berada di tengah kantor Pemkab paling tidak kondisi bangunanya harus indah. Ternyata setelah kita lihat di lapangan banyak kerusakan,” katanya.

Ia menjelaskan, awalnya Komisi III melakukan kajian terkait penggunaan anggaran pada tahun sebelumnya untuk menghitung angka realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Kita kan sedang membahas realisasi perhitungan APBD 2019. Kita ingin melihat secara langsung hasil pekerjaan di tahun sebelumnya. Jadi kita tidak hanya mengkaji dan menghitung tetapi melihat kondisinya,” ujarnya.

Dari temuan itu, pihaknya merekomendasikan pada dinas terkait agar segera melakukan pembenahan terhadap sebagian bangunan yang rusak, seperti plafon dan tembok yang bolong.

“Kita sebetulnya berharap masjid ini tidak hanya bisa dinikmati dengan nyaman oleh pegawai, akan tetapi juga oleh masyarakat umum. Selain itu pekerjaan-pekerjaan yang rusak segera diperbaiki,” pintanya.

Untuk diketahui, proyek masjid yang berlokasi di belakang masjid tersebut telah dianggarkan pada tahun 2018 Rp. 3 miliar lebih dan dianggarkan kembali tahun 2019 sebesar Rp 1 miliar. 

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.