Petani di Pamekasan Mulai Tanam Tembakau

Pamekasan, (Media Madura) – Warga di Dusun Kolor, Desa Duko Timur, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang mayoritas petani sudah mulai menanam tembakau.

Pantauan mediamadura.com, bukan hanya di Desa Duko Timur saja, sejumlah wilayah termasuk petani di Dusun Baban, Desa Sokalelah, Kecamatan Kadur juga sudah menanam bibit daun emas itu.

-Advertisement-

Salah seorang petani, Moh Iksan mengungkap alasan dirinya mulai menanam bahan pokok rokok itu. Menurutnya, selain musim tanam sudah tiba, cuaca juga sangat mendukung.

“Kami mulai tanam tembakau karena musimnya sudah tiba,” katanya saat di temui di ladangnya, Kamis, (11/5/2020) pagi.

Iksan menambahkan, meski di tengah pandemi Covid-19 petani di daerahnya rata-rata sudah menanam tembakau, namun diakui masih ada sebagian petani yang belum menanam disebabkan lahannya belum digarap.

“Alhamdulillah, (kalau) di sini sudah banyak yang tanam tembakau,” tambahnya.

Ia berharap harga tembakau tahun ini lebih berpihak kepada petani, sehingga petani sejahtera.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Kabupaten Pamekasan, Suaidi mengatakan, petani tembakau di 13 Kecamatn saat ini sebagian sudah banyak yang menanam tembakau.

“Ya sudah mulai tanam, nanti sore update luas tanam bisa diketahui, laporan dari BPP Kecamatan minggu ke 1 bulan Juni seluas 542 hektar,” katanya singkat.

Reporter: Ahmad Rifqi

Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.