Keutamaan Bulan Ramadan

Oleh : Rohmatul Umamah

*) Penulis adalah Mahasiswa IAIN Madura.

Bulan ramadan adalah bulan yang mulia, dan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia, meskipun saat ini dunia sedang berada dalam pandemi Covid-19. Namun, hal tersebut diharapkan tidak akan mengubah nikmatnya menjalani ibadah puasa di bulan ramadan ini. Puasa ramadan adalah salah satu rukun Islam, ia merupakan kewajiban yang dibebankan kepada kaum muslimin. Sebagaimana firman Allah SWT. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (Al-Baqarah:183)

Ibadah puasa mengandung beberapa keutamaan yang mulia dan pahala yang berlipat ganda. Bahkan Allah SWT menempatkan ibadah puasa kepada-Nya sebagai tanda kemuliaan dan keagungan ibadah tersebut. Dalam hadits qudsi dari Abu Hurairah r.a ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Allah berfirman: setiap amal anak adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak=teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi maka katakanlah “saya sedang berpuasa”. Demi dzat yang jiwa muhammad berada di tangan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat dari pada bau misk/kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Bulan ramadhan memberikan banyak keutamaan dan keistimewaan bagi umat muslim di seluruh dunia. Berikut ini terdapat enam keutamaan bulan Ramadhan, diantaranya yaitu:
1. Pada bulan Ramadhan pintu surga dibuka lebar-lebar dan pintu neraka ditutup rapat-rapat. Setan-setan terbelengu serta hati manusia tertarik untuk melakukan kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, “jika telah masuk bulan Ramadhan pintu syurga dibuka dan pintu neraka ditutup serta setan-setan dibelenggu.”
2. Berpuasa disiang hari Ramadan dan shalat tarawih di malam harinya dengan penuh keimanan dan pengharapan kepada Allah akan menghapuskan dosa-dosa yang telah lampau. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan maka dosa-dosanya yang telah lampau akan diampuni.” Sabda Rasulullah lainnya, “Barang siapa yang shalat di malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan pengharapan maka diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.”

3. Di bulan Ramadan ada malam lailatul qadar yang Allah sebutkan sebagai “lailatul qadar lebih baik dari seribu bulan.” (Al-qadr:3) barang siapa yang melaksanakan shalat pada malam itu dengan penuh keimanan dan pengharapan, maka dosa-dosanya yang lalu diampuni. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang shalat di malam lailatul dengan penuh keimanan dan pengharapan, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

4. Melaksanakan umroh di bulan Ramadan pahalanya setara dengan pahala haji bersama Rasulullah.

5. Ramadan adalah bulan Al-Qur`an, diturunkannya Al-Qur`an pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah SWT berfirman yang artinya : “bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur`an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (Al-Baqarah : 185)

6. Bulan Ramadan adalah bulan berderma dan bersedekah. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radiyallahu Anhu ia berkata, “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi ketika tiba bulan Ramadhan saat jibril Alaihissalam datang menemuinya setiap malam untuk mengulang-ulangi bacaan Al-Qur`annya, dan Rasulullah lebih dermawan dibanding angin yang bertiup.”(*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.