Jembatan Timbang Milik Pemerintah Pusat di Sampang Jadi Posko Covid-19

Petugas perhubungan dan kepolisian mengarahkan setiap kendaraan masuk ke Jembatan Timbang di Jalan Raya Plakaran Kecamatan Jrengik, Sabtu (4/3/2020) siang. (Ryan/MM).

Sampang, (Media Madura) – Pemerintah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, berupaya mempertahankan status zona hijau penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Salah satu upaya itu ialah memanfaatkan keberadaan Jembatan Timbang di Jalan Raya Plakaran, Kecamatan Jrengik, sebagai tempat Posko Penanganan Covid-19.

Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengatakan, langkah ini diambil untuk membendung penularan virus Corona ke Kabupaten Sampang. Pihaknya berupaya daerah yang dipimpinnya itu tetap steril.

“Maka itu kami memanfaatkan jembatan timbang milik pemerintah pusat sebagai Posko Penanganan virus Corona,” kata Slamet Junaidi, Jumat (3/4/2020) kemarin. .

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, setiap kendaraan yang melintas dari arah Surabaya wajib melewati penyemprotan disinfektan drive thru atau disebut sistem layanan tanpa turun di Jembatan Timbang.

Bagi pemudik dari sejumlah kota besar yang pulang kampung ke Sampang, juga dilakukan pendataan dan pemeriksaan suhu tubuh.

“Jadi seperti penyemprotan disinfektan di pintu keluar masuk Suramadu, masyarakat mendapatkan pemeriksaan secara berlapis sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Slamet.

Di Kabupaten Sampang, sudah ada dua Posko Percepatan Penanganan Covid-19 yakni di Jalan Wijaya Kusuma Kota Sampang dan Jembatan Timbang Kecamatan Jrengik.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sampang Aji Waluyo menyampaikan, sejak tahun 2017, jembatan timbang sebagai terminal khusus mobil angkutan barang itu tak lagi beroperasi setelah kebijakan baru dan diambil alih oleh Kementerian Perhubungan.

Kini, jembatan tersebut berada di bawah kewenangan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Jawa Timur Wilayah XI.

“Kami sudah koordinasi dan dapat ijin dari pusat melalui BPTD Jatim untuk menggunakan jembatan timbang, karena kondisi darurat untuk pencegahan Covid-19, mudah-mudahan Sampang tetap zona hijau,” terang Aji Waluyo.

Aji menambahkan, seluruh fasilitas dan prasarana posko sudah dipersiapkan secara matang. Dirinya berharap penempatan posko di Jembatan Timbang membantu dalam kondisi saat ini.

Reporter : Ryan
Editor : Arif

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.