Sebaran 704 ODR dan 18 ODP Covid-19 di Sampang, Kecamatan Banyuates Terbanyak

Data sebaran ODR dan ODP Virus Corona di Sampang per tanggal 23 Maret 2020. (Dinkes Sampang for MM).

Sampang, (Media Madura) – Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, merilis data penyebaran orang dalam resiko (ODR) dan orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan data per tanggal 23 Maret 2020, jumlah total orang yang masuk dalam kategori ODR sebanyak 704 orang. Sedangkan 18 orang dalam pemantauan (ODP). Jumlah itu tersebar di 14 Kecamatan di Sampang.

Dari data tersebut jumlah ODR terbanyak terdapat di Kecamatan Banyuates dengan 117 ODR. Disusul peringkat kedua adalah Kecamatan Sokobanah dengan 113 ODR.

Kemudian peringkat ketiga di Kecamatan Ketapang yakni 100 ODR. Disusul oleh Kecamatan Kota Sampang dengan jumlah 73 ODR.

Untuk Kecamatan Tambelangan ada 54 ODR, Kecamatan Jrengik ada 46 ODR. Selanjutnya, ada 39 ODR berada di Kecamatan Omben dan Karang Penang.

Kecamatan Sreseh ada 38 ODR, 27 ODR Kecamatan Robatal dan Camplong. Serta, Kecamatan Torjun 14 ODR, Kecamatan Pangarengan 10 ODR, dan terakhir di Kecamatan Kedungdung ada 7 ODR.

Sementara untuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 18 orang. Diantaranya, 5 orang di Kecamatan Sampang, 3 orang di Kecamatan Jrengik dan Omben. Lalu, 2 orang di Kecamatan Karang Penang.

Sedangkan, 1 orang rata-rata berada di Kecamatan Banyuates, Sreseh, Camplong, Pangaregan, dan Kedungdung.

“Sampai saat ini warga Sampang yang suspek virus corona tidak ada,” singkat Ketua Klaster Bidang Kesehatan Satgas Pencegahan Covid-19 Kabupaten Sampang Asrul Sani.

Sekedar diketahui, berikut untuk mengetahui apa perbedaan dari orang dalam resiko (ODR) dan orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pengawasan (PDP).

ODR adalah orang yang sehat pulang dari daerah terpapar, tapi tidak sakit.

ODP adalah orang yang memiliki gejala panas badan atau gangguan saluran pernapasan ringan dan pernah mengunjungi atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan virus corona. Selain itu, bisa juga orang sehat yang pernah kontak erat dengan kasus terkonfirmasi Covid-19.

PDP adalah mereka yang memiliki gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui merupakan daerah penularan Covid-19.

Tidak hanya itu, PDP ini juga memiliki indikasi atau diketahui pernah berkontak dengan langsung dengan kasus yang terkonfirmasi atau probabel Covid-19.

Reporter : Ryan
Editor : Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.