KPU Sumenep: Masih Ada Potensi Calon Persorangan

Komisioner KPU Sumenep, Rahbini

Sumenep, (Media Madura) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyebut, masih ada potensi terdapat calon perseorangan di Pilbup Sumenep tahun ini.

Pasalnya, meski belum ada yang meminta user name dan pasword sebagai pintu masuk input syarat calon perseorangan, sudah ada tiga orang berkoordinasi ke KPU.

“Sejak diumumkan, belum ada yang daftar. Tapi terdapat tiga orang yang datang ke sini untuk menanyakan persyaratan perseorangan itu,” kata Komisioner KPU, Rahbini, Senin (17/2/2020).

Dengan demikian, kata Rahbini, masih ada peluang calon perseorangan itu mendaftar, karena penyerahan berkas persyaratan calon perseorangan masih akan dimulai Rabu (19/2/2020) sampai Sabtu (23/2/2020) jam 24.00 WIB.

“Tim sukses yang berkoordinasi ke kami itu mengaku memiliki banyak tim IT yang siap memasukkan data dukungan. Jadi, masih sangat mungkin adanya calon perseorangan itu,” tegasnya.

Mantan aktifis PMII Jogja ini mengutarakan, secara administratif calon perseorangan harus mendapatkan dukungan minimal 65.458 foto copy e-KTP atau setara dengan 7,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir.

“Persyaratan dukungan itu juga harus tersebar di 14 kecamatan dari 27 kecamatan yang ada di Sumenep. Soal jumlah per kecamatan tidak ada ketentuan. Misalnya Kecamatan Kota 25 ribu dan kecamatan lainnya hanya 5 foto copy e-KTP tidak masalah. Yang penting sesuai target yang ditentukan,” tukasnya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.