Kadinkes Sumenep, Agus Mulyono

Sumenep, (Media Madura) – Hingga saat ini, setidaknya ada tiga orang asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur yang pulang dari China usai merebaknya virus berbahaya Corona.

Ketiganya adalah seorang pelajar SMA asli Kecamatan Batuputih serta dua mahasiswa yang juga satu berasal dari Batuputih dan Kecamatan Gapura.

Meski ketiganya pulang atas inisiatif sendiri atau bukan dipulangkan oleh pemerintah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep memastikan ketiganya tak suspek virus Corona.

“Alhamdulilah Sumenep aman dari Corona virus. Belum ada satupun yang terdeksi virus ini, meskipun ada tiga orang yang pulang dari China,” terang Kadinkes Sumenep, Agus Mulyono, Kamis (6/2/2020).

Kata Agus, pihaknya menyatakan aman karena saat ketiga pelajar di China itu tiba di Sumenep, pihaknya dengan tim medis bahkan dari Polres langsung melakukan pemantauan kondisi kesehatan ketiganya.

“Dari pemeriksaan kami, ketiganya sehat. Tidak ada gejala Corona virus seperi panas tinggi, flu, sesak nafas dan batuk,” terang Agus.

Namun begitu, pihaknya masih akan terus melakukan pendampingan terhadap pelajar yang pulang dari China tersebut guna mengantisipasi ditemukannya gejala virus korona.

“Selama 15 hari bahkan hingga 20 hari sejak ia datang akan terus kami pantau dengan pemeriksaan-pemeriksaan medis. Mudah-mudahan virus berbahaya itu tidak sampai di Sumenep,” tegasnya.

Di samping itu, Dinkes mengimbau agar masyarakat tidak panik dengan isu-isu penyebaran virus korona. “Kita tenang, jangan panik. Kita (Indonesia) termasuk Sumenep punya sistem untuk mencegah dan mengantisi menjangkitnya virus ini,” tandansya.

Reporter : Rosy
Editor: Zainol

Iklan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.